id
id

AFAIR 2016

Architecture UI Fair (AFAIR) merupakan pameran arsitektur tahunan, yang diadakan oleh Mahasiswa arsitektur dan arsitektur interior Universitas Indonesia. Tahun ini Galeri nasional terpilih menjadi lokasi pameran yang berlangsung pada tanggal 27 Januari  –  4 Februari 2016.

World without us merupakan topik yang diangkat sebagai ide dari pameran arsitektur yang menampilkan 177 karya terbaik mahasiswa S1, S2, serta program Profesi Departemen Arsitektur – Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Karya-karya tersebut telah dikurasi oleh Prof. Yandi Andri Yatmo. ST, Dip.Arch, M.Arch, Ph.D sesuai dengan tema “World without us” yang ingin menjelaskan peranan penting seorang ‘arsitek’ untuk mengharmonisasikan kebutuhan manusia dan sumber daya yang terbatas. Pameran ini jugadiperuntukkan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memahami pentingnyamenjalin kehidupan yang berkelanjutan (sustainable).

Event yang sampai saat ini telah didatangi oleh 3512 pengunjung ini mendapat banyak dukungan , termasuk dari Kementrian Riset, Teknologi , dan PendidikanTinggi (Kemenristekdikti), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang turut memberi sambutan pada Grand Opening AFAIR.

Dari karya mahasiswi dan mahasiswa tersebut, pameran ini ingin menggarisbawahi pentingnya bersikap responsif terhadap konteks, baik sumber daya dan kebutuhan manusia, di samping hal lainnya. Selain instalasi, maket, dan visualisasi lainnya, AFAIR juga menyajikan konten dalam bentuk desain pameran yang dikemas secara apik.

Selain memamerkan karya arsitektur, AFAIR juga mengadakan serangkaian acara yang dapat memperkaya dan membantu memperdalam arti dari “world without us”. Diantaranya Public lecture dan talkshow yang diisi oleh Irianto Purnomo Hadi, Achmad Noerzaman, Gigih Nalendra, Mohammad Thamrin. Selain talkshow dan lecture, AFAIR juga mengadakan sayembara yang bertemakan “a shelter for survival” yang memiliki keterkaitan tentang peranan seorang arsitek pada sebuah konteks.

AFAIR juga membuka art shop yang menjual banyak merchandise, mulai dari sticker, notebook serta tote bag yang bertemakan world within us. (IMA FTUI)

 

 

X