id
id

Angkat Tema Open Your Pandora Box, Olimpiade Ilmiah Mahasiswa FTUI 2022 Diselenggarakan Selama Bulan Maret 2022

Acara tahunan Olimpiade Ilmiah Mahasiswa FTUI atau yang biasa dikenal dengan OIM FTUI merupakan sebuah ajang perlombaan ilmiah terbesar yang diadakan di lingkup FTUI dan telah dibuka melalui platform online Youtube pada tanggal 4 Maret 2022. OIM FTUI dibuka oleh Ketua dan Wakil Ketua BEM FTUI, Taqi Hammam Ariza dan M. Rifky Raihan.

“Pagi Teknik! OIM FTUI merupakan sebuah ajang penjaringan serta kompetisi keilmiahan bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia dimana pada ajang ini cabang-cabang PKM maupun non-PKM kita tandingkan pada kegiatan ini. Selain itu, OIM FTUI juga menjadi tempat dalam mempersiapkan mahasiswa FTUI dalam berkompetisi serta membanggakan nama Fakultas Teknik Universitas Indonesia di skala Universitas Indonesia maupun skala Nasional,” kata Taqi dalam sambutannya.

Diharapkan dengan diadakan OIM FTUI, mahasiswa dapat mendapatkan wadah dalam mengembangkan minat, bakat, serta prestasi di bidang keilmiahan. Harapannya juga dengan diadakan OIM FTUI dapat membentuk mahasiswa yang berguna bagi agama, bangsa, dan negara. “Mari bersama-sama kembangkan potensi di dalam diri secara konstruktif, bersama-sama mencapai tujuan bersama IKM FTUI, dan bersama-sama memberikan dampak bagi diri sendiri, bagi Fakultas Teknik yang kita cintai, dan bagi Negara Indonesia,” kata Taqi menutup sambutannya.

Project Officer OIM FTUI 2022, Namira Putri Aulia, dalam pembukaan OIM FTUI 2022 menyampaikan bahwa OIM sendiri merupakan suatu wadah untuk mewujudkan kreativitas serta minat dan bakat mahasiswa FTUI dari 7 departemen dan 1 program internasional, khususnya dalam bidang keilmiahan yang dikemas dalam bentuk olimpiade.

“Pada tahun ini OIM FTUI membawakan tema Open Your Pandora Box yang memiliki arti mewujudkan OIM FTUI 2022 sebagai wadah bagi mahasiswa FTUI untuk mengeksplor rasa keingintahuan atau minat dan bakatnya terutama dalam bidang keilmiahan. Rasa keingintahuan ini tergambar dalam cerita Pandora yang juga menjadi highlight dari tagline yang dibawa tahun ini yaitu “#CuriousityBeyondEverything,” kata Namira.

OIM FTUI 2022 bertujuan untuk mendorong mahasiswa FTUI agar terus memenuhi rasa keingintahuan yang dimilikinya melalui eksplorasi atau penjelajahan minat dan bakatnya.  Tidak lupa Namira juga menyampaikan selamat bertanding untuk para kontingen, dan untuk warga lainnya. Namira juga mengajak para mahasiswa FTUI untuk mendukung kontingennya yang akan bertanding, meramaikan OIM dan berlomba-lomba mencetak prestasi untuk departemennya masing-masing.

Pada penyelenggaraan kali ini, OIM FTUI ini memiliki beberapa cabang perlombaan yang dapat diikuti, diantaranya ialah cabang lomba PKM yang terdiri dari (PKM RE, PKM K, PKM M, PKM T, PKM KC, PKM GT, PKM GFK, PKM AI), serta terdapat perlombaan non-PKM yang terdiri dari lomba Debat Indonesia & Inggris, lomba Esai, Infografis, Quiz tentang pengetahuan umum, dan yang terakhir terdapat lomba Persembahan Departemen dari masing-masing departemen.

Perlombaan-perlombaan tersebut kini sedang berlangsung hingga hari Grand Closing OIM FTUI 2022 nanti pada tanggal 25 Maret 2022. Harapan diadakannya OIM FTUI ini ialah agar kontingen dari tiap departemen dapat belajar dan mengevaluasi performa nya pada perlombaan OIM FTUI ini sebelum melanjutkan ke ajang perlombaan yang jauh lebih tinggi, sehingga OIM FTUI ini dapat dijadikan wadah untuk menjaring Kontingen Teknik yang akan dilatih kembali dan dijadikan perwakilan FT pada perlombaan OIM UI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X