FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Audit Eksternal OHSAS 18001 Laboratorium FTUI

Dalam rangka implementasi Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja di FTUI, Manajemen FTUI mengadakan Audit Eksternal OHSAS 18001 pada seluruh laboratorium yang ada di FTUI. Audit Eksternal ini dilaksanakan setelah dilakukannya audit internal yang diadakan pada 29 November 2017.

Audit eksternal OHSAS 18001 ini mengundang seluruh kepala lab serta laboran di lingkungan FTUI. Acara Pembukaan Audit eksternal FTUI diadakan pada 13 Desember 2017 dan penutupan pada 15 Desember 2017 bertempat di Ruang Chevron Gedung Dekanat FTUI. Acara dibuka dengan sambutan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum  Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng . Dan dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen (Unit P2SM) Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng.Sc . Audit eksternal dilaksanakan 3 hari dan mengaudit sekitar 42 lab yang ada di lingkungan FTUI.

Dr. Ir. Hendri dalam sambutannya mengatakan banyak fakultas di universitas Indonesia yang mengacu kepada fakultas teknik dalam sistem implementasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Complain dan masukan akan menjadi pembelajaran bagi para laboran dan staff untuk meningkatkan kualitas Lab yang ada di FTUI.

Fokus audit eksternal ini adalah untuk memastikan bahwa sistem manajemen sesuai dengan semua persyaratan standar, untuk memastikan bahwa lab tersebut telah menerapkan sistem manajemen yang direncanakan dengan efektif, untuk mengkonfirmasi semua permintaan tindakan korektif yang diajukan pada audit sebelumnya, untuk mengajukan rekomendasi. Metode audit eksternal ini adalah wawancara, observasi lab, meneliti dokumen.

Secara umum dalam temuan audit eksternal ini, implementasi OHSAS 18001 yang telah dilakukan sudah jauh meningkat dibandingkan tahun lalu, terutama pada kondisi house keeping, dan persyaratan lab yang lebih baik seperti safety induction dan lainnya sebagainya. (Humas FT)