Pada hari Kamis, (09/01/2020) Fakultas teknik UI kembali menganugerahi gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Bayu Sari Adji. Melalui disertasinya yang berjudul “Simulasi Reaktor Katalitik Unggun Diam Bertahap Untuk Hidrogenasi Karbon Dioksida Menjadi Metanol”, Bayu resmi diangkat menjadi Doktor dari Departemen Teknik Kimia FTUI.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Ir. Sutrasno Kartohardjono, M.Sc, Ph.D. dan ko-promotor Dr. rer. Nat. Ir. Yuswan Muharam, M.T. ini bertujuan untuk mendesain reaktor proses hidrogenasi CO2 menjadi metanol dengan metode simulasi menggunakan COMSOL multiphysics dan UniSim. Sementara itu, tujuan lain penelitian ini adalah untuk mendapatkan rancangan reaktor unggun diam bertahap (fixed-bed multistage) untuk sintesis metanol dalam COMSOL dengan model reaktor yang telah divalidasi dengan hasil uji eksperimen.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya gas CO2 yang dilepaskan ke atmosfer oleh industri minyak dan gas yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Salah satu cara mengolah CO2  adalah dengan mengkonversi CO2 menjadi senyawa metanol. Proses teknologi hidrogenasi CO2 menjadi metanol menggunakan katalis tembaga dipandang dapat menjadi salah satu solusi mengolah buangan CO2 unit AGRU.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulasi COMSOL untuk pemodelan reaktor skala laboratorium pada tahap validasi model reaktor unggun diam memperlihatkan hasil yang cukup valid dan selaras dengan hasil eksperimen. Hasil perbandingan simulasi model reaktor COMSOL dengan reaktor pada skala industri menunjukkan hasil yang cukup valid dengan deviasi di bawah 10%.

FacebookTwitter
X