id
id

Bertandang ke MIT, Delegasi UI Bahas Riset Bidang Energi

Universitas Indonesia (UI) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) berencana untuk melakukan kolaborasi riset antara UI dengan MIT Energy Inititive (MITei). Delegasi UI pun bertandang untuk memenuhi undangan ke kampus nomor satu di dunia itu. Delegasi UI diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dan Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Heri Hermansyah pada pertemuan, Sabtu (8/10/2022) lalu.

Delegasi UI diterima oleh pimpinan MITei antara lain Robert Stoner, Deputy Director for Science & Technology; dan Lihong Duan, Director Asia Pasific Energy Partnership. Pertemuan yang diselenggarakan di Kampus MIT Boston Amerika Serikat (AS) tersebut membahas detail rancangan skema pengiriman para peneliti UI untuk belajar mengenai energi di MIT, sekaligus memperkuat global engagement UI dengan universitas-universitas kelas dunia.

Pada kunjungan tersebut, selain membahas kerja sama penelitian, Delegasi UI juga menjajaki kemungkinan kerja sama pendidikan. Untuk turut mensukseskan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemdikbud RI, Prof. Haris mengusulkan peningkatan kuota peserta pertukaran mahasiswa UI untuk mengikuti student exchange ke kampus tersebut.

“Peningkatan kuota student exchange dapat melalui skema Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) maupun program-program flagship lain bentukan UI. Baik juga bila dapat dikembangkan kegiatan magang bersama industri yang dapat diikuti oleh kedua belah pihak,” ungkap Prof. Haris.

Selain itu, delegasi UI juga menaruh perhatian pada program Global Executive Program (GEP) untuk para pemegang keputusan di industri maupun pemerintahan yang dapat diselenggarakan melalui kerjasama UI dan MIT.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Haris juga menyapa para mahasiswa UI yang tengah mengikuti program pertukaran pelajar ke Boston University dan berdiskusi tentang kelancaran studi mereka.

“Kalian adalah duta UI di kampus unggulan global, sekaligus bukti bahwa putra-putri terbaik Indonesia mampu bersaing dan bertahan di perguruan tinggi paling kompetitif di dunia. Kami bangga kepada kalian, Indonesia dan orang tua juga pasti demikian. Manfaatkan kesempatan belajar ini sebaik-baiknya,” pesannya, melalui keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X