id
id

Buat Pengembangan Model Prediksi Potensi Daya Anfin, Ane Prasetyowati Raih Gelar Doktor Teknik Elektro FT UI

Pada hari Rabu, (08/01/2020) Fakultas teknik UI kembali menganugerahi gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Ane Prasetyowati. Melalui disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Prediksi Potensi Daya Angin pada PLTBayu dengan Adaptive Parameter Triple Exponential Smoothing Pada Kasus Intermittent Kecepatan Angin Berbasis Multiplicative Long-Short Term Memory (MLSTM)”, Ane resmi diangkat menjadi Doktor dari Departemen Teknik Elektro FTUI.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo S,DEA. dan ko-promotor Dr. Ir. Dodi Sudiana, M.Eng. ini bertujuan untuk membangun model prediksi potensi daya angin menggunakan data seri dengan pola intermittent yang berubah-ubah. Di sisi lain, juga bertujuan untuk mendapatkan nilai parameter-parameter pemulusan optimum dari setiap urutan data seri daya angin dengan menggunakan metode Triple Exponential Smoothing (TES).

Manfaat dari penelitian ini adalah model yang digunakan dapat diprediksi potensi luaran daya angin yang mengalami intermitten sehingga dapat membantu persiapan untuk penetrasi tenaga listrik dari sumber lain dikala tenaga angin yang dihasilkan tidak mencukupi beban yang dibutuhkan. Model prediksi potensi daya angin ini dapat digunakan untuk acuan kelayakan pembangunan ladang angin serta perencanaan untuk integritas menuju jaringan sumber pembangkit listrik lain.

Hasil pengujian model di lahan Harjobinangun tanpa melakukan training pada MLSTM menunjukkan pada tahun 2013 nilai MSE sebesar 0,0449. Akurasi prediksi yang dihasilkan lebih baik dibanding dengan kombinasi metode-metode konvensional. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model APTES-MLSTM dapat dijadikan sebagai metode terbaik yang menjadi justifikasi kelayakan teknologi pembangkitan tenaga angin untuk perencanaan pembangunan ladang angina di ketiga lahan angina observasi.

X