id
id

Call for Paper The 18th International Conference on Quality in Research (QiR) 2023

Fakultas Teknik UI kembali menyelenggarakan konferensi internasional dua tahunan, the 18th International Conference on Quality in Research (QiR) 2023 dengan mengangkat tema berjudul “Navigating the Pathway to Achieve Net Zero Emission through Green Technologies and Policies”.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat perlu melakukan pergeseran pola hidup menuju pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kondisi kehidupan pada skala lokal dan global. Namun demikian, perubahan kesehatan dan demografis, ketahanan pangan, pendidikan berkualitas untuk semua, air yang aman dan bersih, sumber energi hijau dan efisien, perubahan iklim, dan masyarakat yang aman kerap menjadi tantangan didalamnya.

Guna menjawab tantangan tersebut, perlu adanya keterlibatan universitas dalam pembangunan nasional maupun global untuk menghasilkan teknologi maju, menciptakan proses serta produk yang inovatif, dan mampu memberikan layanan kepada publik, bisnis, dan organisasi. Tujuan utama dari konferensi internasional QiR 2023 adalah untuk membuka diskusi dunia mengenai peran teknologi dan kebijakan sebagai sarana untuk mencapai Net Zero Emission, khususnya dalam konteks Indonesia.

Konferensi ini akan diadakan pada 23-25 Oktober 2023 di Bali, Indonesia dengan membawakan tujuh simposium:

  • International Symposium on Civil and Environmental Engineering Research (IS-CEER)
  • International Symposium on Advances in Mechanical and Maritime Engineering (IS-AMME)
  • International Symposium on Chemical, Health, and Biological Engineering (IS-CHBE)
  • International Symposium on Architecture and Sustainable Built Environment (IS-ASBE)
  • International Symposium on Electrical and Computer Engineering (IS-ECE)
  • International Symposium on Metallurgical and Materials Engineering (IS-MME)
  • International Symposium on Industrial and Systems Engineering (IS-ISE)

Pelaksanaan konferensi internasional QiR 2023 berkonjungsi dengan empat konferensi lainnya, yaitu 8th International Symposium on Biomedical Engineering (ISBE), 7th International Tropical Renewable Energy Conference (ITREC), 4th International Conference on Smart City Innovation (ICSCI), dan 3rd CAIC-SIUD International Conference on Sustainable Infrastructure and Urban Development (CAIC-SIUD).

Saat ini QiR 2023 telah membuka submit karya ilmiah sampai tanggal 20 Juni 2023 pada laman https://submit-manuscript.org/conference/qir-2023. Karya ilmiah yang diterima kemudian akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2023. Semua karya ilmiah yang telah diterima dan telah dipresentasikan nantinya akan dipublikasikan di salah satu jurnal atau prosiding terindeks Scopus (dapat dikenakan biaya tambahan), yakni Jurnal Teknologi Internasional (Jurnal Q2, H-index 17), Prosiding IEEE (indeks-H 296), dan Proses AIP (H-indeks 75).

Registrasi awal akan dibuka sampai tanggal 15 Agustus 2023, sementara untuk biaya registrasi QiR 2023 dapat dilihat pada laman https://qir.eng.ui.ac.id/registration-fee/. Dengan diselenggarakannya QiR 2023, diharapkan akan tercipta kolaborasi yang efektif diantara banyak lembaga, institusi, maupun organisasi dari berbagai negara melalui ruang diskusi untuk menjawab tantangan terkait kehidupan dan lingkungan abad ke-21, peran teknologi, dan kebijakan dalam menghadapi tantangan tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai konferensi internasional QiR dapat mengunjungi website https://qir.eng.ui.ac.id/ atau melalui email qir@ui.ac.id

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X