id
id

Career Tele-TW #1 FTUI 2022: Langkah Persiapan Menuju Dunia Pasca Kampus

Ikatan Alumni (ILUNI) FTUI, Almamater Center FTUI, dan Career Development Center (CDC) FTUI berkolaborasi untuk mengadakan rangkaian kegiatan bincang karier yang diisi oleh para alumni FTUI. Bincang karir perdana dilaksanakan dengan mengangkat tajuk, Career Tele-TW #1: Start Your Career Here. Kegiatan pertama dilakukan pada Sabtu, (30/07/22), yaitu dengan kegiatan kick-off meeting dan materi pertama untuk membahas gambaran umum di bidang kerja.

Kegiatan ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan terbuka untuk para mahasiswa serta alumni muda FTUI. Selain itu, kegiatan ini pun dibuka oleh Nanang Sugianto selaku Ketua ILUNI FTUI dan Prof. Dr. Heri H. S. T., M. Eng., IPU selaku Dekan FTUI.

“Saya senang sekali acara Tele-TW pertama ini bisa dilaksanakan. Semoga kegiatan ini berguna untuk bisa menjadi petunjuk bagi alumni-alumni muda yang ingin memiliki karier di bidang-bidang tertentu. Tentu, kualifikasinya berbeda di tiap-tiap bidang. Kegiatan ini mungkin bisa menjadi pencerahan untuk para alumni,” ucap Nanang.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim penyelenggara dari ILUNI FTUI, Almamater Center FTUI, dan juga CDC FTUI, yang sudah berkolaborasi sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Hari ini merupakan kick-off dari kegiatan Tele-TW #1 dengan tema Start Your Career Here,” ucap Prof. Dr. Heri. Kedua sambutan tersebut juga secara resmi membuka rangkaian kegiatan Career Tele-TW #1 FTUI 2022 dari tanggal 30 Juli—20 Agustus 2022.

Kegiatan kick-off meeting dan materi pertama dipandu oleh moderator, yaitu Budi Setiawan (Mt ‘03). Narasumber dari Career Tele-TW #1 minggu pertama ini diisi oleh Tursinameta Sutaperwata (E ’95), selaku Group Head, Reward, and People Experiences PT Paragon Technology and Innovation. Beliau membagikan pengalamannya secara khusus, terkait membangun personal branding, media dalam memperlihatkan personal branding, dan langkah dalam menulis CV. Menurut beliau, personal branding penting dipublikasikan melalui media, seperti Linkedin atau pun CV. Sebab, rekruter pertama kali melihat informasi para pelamar melalui media-media tersebut.

Personal branding itu dibentuk melalui visibility dan value. Lebih detailnya, cara membentuk personal branding itu dari aspirasi mengenai rencana kehidupan ke depannya, tentukan value, skills, dan passions yang dimiliki, serta mempublikasikan personal branding di media seperti Linkedin dan CV,” jelas Tursinameta.

Sesi selanjutnya diisi dengan pengenalan narasumber Career Tele-TW #1 FTUI 2022. Beberapa narasumber tersebut merupakan para alumni FTUI yang memiliki kemampuan khusus di bidang-bidang tertentu, yaitu konstruksi dan desain, teknologi digital, manufaktur, serta energi. Nantinya, beberapa narasumber tersebut juga akan menjadi mentor para peserta Career Tele-TW #1 FTUI 2022.

Melalui adanya Career Tele-TW #1 ini dapat menjadi jembatan pemecahan masalah para mahasiswa serta alumni muda, ketika kebingungan dalam menentukan karier ke depannya. Tentunya, mereka akan mendapat pencerahan setelah mengikuti kegiatan ini dan dapat menentukan arah karier di masa yang akan datang.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X