enid
enid

Dekan Menyapa Departemen Teknik Elektro: Karir Profesi Peneliti dan Crowd Funding Wakaf Pendidikan

Kegiatan Dekan Menyapa Departemen Teknik Elektro (27/01) dimulai dengan presentasi yang disampaikan oleh Ketua Departemen Teknik Elektro FTUI terpilih, Dr. Eng. Arief Udhiarto, S.T., M.T. Acara tersebut juga dihadiri oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.T., IPU dan kedua Wakil Dekan FTUI periode 2022-2026, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. dan Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. Selain Dr. Arief Udhiarto, turut hadir Dr. Abdul Halim, M.Eng, Sekretaris Departemen Teknik Elektro serta 34 orang pimpinan dan staf pengajar di lingkungan Departemen Teknik Elektro FTUI.

“Pada tanggal 21 Januari seluruh pengurus FTUI telah diangkat dan sudah mulai bekerja. Minggu ini sampai senin depan, saya dan para Wakil Dekan akan menyapa departemen dengan maksud untuk mendengarkan masukan, aspirasi, saran, komentar bahkan kritik untuk kebaikan empat tahun kedepan. Lebih baik menerima masukan diawal tiga bulan pertama agar pekerjaan empat tahun kedepan dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Dekan Heri dalam sambutannya.

Kegiatan roadshow Dekan Menyapa Departemen merupakan wadah dialog bagi pimpinan fakultas, dalam hal ini Dekan dan kedua Wakil Dekan untuk menyampaikan program-program yang disiapkan dan juga mendengarkan aspirasi, saran, masukan dan nasihat dari departemen terkait hal-hal yang dapat diakomodir dalam program kegiatan kedepannya.

Pada acara roadshow tersebut, beberapa catatan saran yang menjadi perhatian Dekan dan kedua Wakil Dekan adalah terkait peluang dana dan asset dari wakaf Pendidikan serta kemungkinan adanya posisi professor peneliti yang dapat ditempatkan pada pusat-pusat riset FTUI, seperti yang saat ini dilaksanakan di IMERI FKUI.

Berdasarkan PP 75 terkait statuta UI, tercantum kemungkinan karir sebagai peneliti yang dapat menjadi jawaban akan minimnya sumber daya manusia di pusat-pusat riset FTUI yang dapat berfokus penuh pada penelitian. Diharapkan kedepannya pusat riset dapat melakukan recruitment tenaga peneliti tanpa harus menjadi dosen di program studi terlebih dahulu. Crowd Funding Wakaf Pendidikan baik berupa dana maupun asset merupakan saran yang sangat menarik dan akan segera dirumuskan oleh Manajer  Kerjasama, Ventura dan Alumni aturan secara kelembagaan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X