FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Rabu, 26/06/2017. Delegasi Society of Petroleum Engineers (SPE) Universitas Indonesia kembali mengharumkan nama UI di kancah International lewat ajang Petrobowl 2017 Asia Pacific Regional Qualifier. Kompetisi ini diselenggarakan di Universiti Teknologi Petronas, Malaysia & diikuti oleh 22 delegasi se-Asia Pacific. Delegasi yang terdiri dari Luh Putu Devina (Teknik Kimia 2015), Novy Cendian (Teknik Kimia 2015), Nabilla Puteri (Teknik Kimia 2014), dan Jessica Adeline (Teknik Kimia 2016) berhasil menduduki posisi 1st Runner Up dan akan menjadi representatif untuk Asia Pacific di Final Petrobowl di San Antonio, Texas, USA.

Petrobowl Asia Pacific Regional Qualifier adalah sebuah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh SPE Asia Pacific. Kompetisi diadakan untuk memilih delegasi terbaik yang memiliki pengetahuan yang luas mengenal minyak dan gas bumi untuk diikutsertakan di Petrobowl dunia. Berita ini tentu menjadi kabar gembira, pasalnya dengan hal ini otomatis UI akan menjadi representatif di Annual Technical Conference and Exhibition (ATCE) 2017, ajang terbesar tahunan dunia di bidang oil and gas.

Untuk memperoleh gelar ini, delegasi UI harus menyisihkan Filipina di perempat enam belas. Mulus di pertarungan tersebut, Universitas Indonesia melaju ke semifinal dan bertemu dengan delegasi Universitas Trisakti, Indonesia. Kompetisi ini berlangsung dengan sangat sengit, hingga akhirnya UI berhasil melaju ke final dan bertemu dengan Batangas State University, Filipina.

“Ini adalah kemenangan yang tidak disangka-sangka. Delegasi kami adalah delegasi yang termuda disana dibandingkan delegasi lain yang merupakan mahasiswa S2 bahkan S3, kami pun bukan berasal murni dari jurusan perminyakan. Bukan hanya itu saja, tim kami yang seluruhnya terdiri dari wanita terlihat kontras dengan delegasi lain yang mayoritas pria. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk juara, dan akhirnya UI bisa stand-out di malam penganugrahan.” tutur Novy Cendian.

Dengan adanya berita gembira ini, tentu menjadi pemicu semangat untuk sivitas UI lainnnya untuk semakin giat berkarya. Selamat untuk delegasi UI melaju di final Petrobowl 2018, San Antonio, Texas, USA, Semangat berjuang! –(Glory Lamria, SPE)