id
id

Depok Bersemi: Gebyar Bank Sampah

AREA-BASED COMMUNITY ENGAGEMENT PROGRAM, UNIVERSITAS INDONESIA

DEPOK BERSEMI: GEBYAR BANK SAMPAH

RW 11 POINMAS: 100 % WARGA PILAH SAMPAH, BANK SAMPAH BERBASIS KOMUNITAS

Sebagai salah satu universitas terbesar di Indonesia, Universitas Indonesia perlu turut berpartisipasi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Salah satu program pemberdayaan masyarakat ini didanai melalui Area-Based Community Engagement Grants (Area Based-CEGs) Universitas Indonesia 2015  yang dilaksanakan  di daerah Depok, dengan mengambil tema Depok BERSEMI (BERSIH, BERDAYA, SEHAT dan MANDIRI) dan difokuskan pada lingkungan Kel. Rangkapan Jaya Kec. Pancoran Mas, Depok. Program ini dimotori oleh Fakultas Teknik bersama-sama dengan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Farmasi, menjalankan 5 (lima) program, yaitu: (1) Gebyar Bank Sampah, (2) UMKM Berdaya, (3) Ibu Rumah Tangga Berdaya, (4) Panti Asuhan Mandiri, dan (5) Sehat dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Pakar yang terlibat adalah Prof. Bondan Tiara Sofyan, Dr. Gabriel S.B. Andari, Dr. Beta Y. Gitaharie, Amarina Ariyanto, Ph.D, dan Dr. Abdul Mun’im, didukung oleh staff muda dan mahasiswa.

Gerakan diawali dengan melakukan survey, wawancara dan melakukan social mapping mengenai aspirasi, persepsi, kebutuhan dan potensi masyarakat untuk menjadi sebuah komunitas yang Bersih, Berdaya, Sehat dan Mandiri. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan sosialisasi program dan pelatihan, sehingga masyarakat secara langsung dapat melaksanakan dan merasakan manfaatnya. Dari kelompok masyarakat yang bergerak akan dibidik dan dibina Community Champion. Para Community Champion diharapkan menjadi tokoh rujukan dan penggerak secara inheren di dalam komunitas, sehingga denyut program dapat terus berlangsung pasca program Area-Based CEGs UI. Para Community Champion akan menjadi rujukan dan titik kontak bagi pengembangan program di masa yang akan datang.

Puncak dari kegiatan Depok MANDIRI di tahun 2015 ini adalah kegiatan Gebyar Bank Sampah. Diselenggarakan pada Minggu, 25 Oktober 2015 bertempat di Lapangan Volley RW 11 Poinmas, Kelurahan Rangkapan Jaya, Depok dan dimeriahkan dengan acara panggung musik, demo pilah sampah, demo pengomposan, perlombaan anak-anak, stand bazaar ibu-ibu rumah tangga dan UMKM, stand penyetoran sampah, dan stand pengambilan tabungan sampah, stand TOGA dan unjuk ketrampilan anak Panti Asuhan.

Gebyar Bank Sampah ini dilaksanakan di RW 11 Poinmas, karena keberadaan Bank Sampah di wilayah ini sejak 2 Desember 2012, telah secara konsisten meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan dan telah mengantarkan RW 11 sebagai Juara 1 Kebersihan di Kelurahan Rangkapan Jaya dan Juara 1 Bank Sampah di tingkat Kecamatan Pancoran Mas. Bank Sampah RW 11 Poinmas ini berbasis komunitas, yang menunjukkan komitmen luar biasa seluruh warga untuk pilah sampah. Pada kegiatan Gebyar Bank Sampah akan dicanangkan Komitmen 100 % Warga Nasabah Bank Sampah

Seluruh peserta, panitia dan pengunjung dari kegiatan Gebyar Bank Sampah ini disyaratkan untuk menjadi nasabah Bank Sampah. Bila belum menjadi nasabah, maka mereka diminta untuk melakukan pemilahan di rumah masing-masing dan menyetorkannya pada saat kegiatan sekaligus sebagai pendaftaran sebagai nasabah Bank Sampah. Diharapkan momentum tercapainya 100 % warga nasabah Bank Sampah, menjadikan RW 11 Poinmas percontohan untuk komunitas cinta lingkungan yang memiliki sistem pengolahan sampah berbasis komunitas yang berkelanjutan.

X