id
id

Doktor FTUI Kembangkan Metode Untuk Peningkatan Ketahanan Suplai BBM

DSC_0255

Optimalisasi Stokastik Tindakan Pencegahan Resiko Rantai Suplai-Sebuah Metodologi untuk Meningkatkan Ketahanan Suplai Bahan Bakar Minyak Bersubsidi di Indonesia. Metode berdasarkan simulasi Monte Carlo untuk opimasi stokastik pada penilaian risiko diperlukan untuk menyelesaikan masalah kompleks di dalam jaminan ketersediaan bahan bakar bersubsidi di Indonesia.

Untuk mengatasi kendala distribusi BBM bersubsisdi di Indonesia yang memiliki populasi penduduk keempat terdapat di dunia (lebih dari 250.000.000 jiwa dengan 66,5% populasi masyarakat produktif, dan memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan populasi penduduk yang terpusat hanya di wilayah ibukota Negara) diperlukan system pengawasan dan penanganan risiko yang terukur serta terintegrasi demi jaminan ketersediaan BBM bersubsidi.

Dengan mempertimbangkan masalah kompleks tersebut, Dr. Adinda Yuanita berhasil mempertahankan disertasinya di bidang Ilmu Teknik Kimia yang berjudul “Simulasi Stokastik Dengan Faktor Risiko “First” Untuk Penilaian Risiko Terintegrasi Rantai Pasok Jenis BBM Tertentu Di Indonesia” pada sidang promosi doktor yang dilaksanakan pada  Rabu , 5 Juli 2017 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Dengan Promotor Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng. serta Ko-Promotor 1, Dr. Ir. Andy Noorsaman S., DEA dan Panitia penguji terdiri dari Prof. Ir. Sutrasno Kartohardjono, MSc., PhD., Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., Erie Soedarmo, M.E., PhD., Dr. Muhammad Sahlan, S.Si., M.Eng., serta Prof. Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Msc.

Hasil dari penelitian ini dapat mengidentifikasi ide-ide inovatif pada audit berdasarkan risiko pada manajemen risiko rantai pasok dan parameter FIRST (Fairness, Independence, Realiable, Sustainable, Transparent) dalam penilaian risiko. (Humas FT)

DSC_0291

X