Peningkatan jumlah karya ilmiah pertahun adalah salah satu akibat dari pesatnya kemajuan teknologi informasi. Kemajuan tersebut memberikan sarana bagi peningkatan intensitas komunikasi antar peneliti di dunia. Komunikasi yang intensif melalui media web, sosial akademik web, email maupun melalui kanal sosial media memiliki potensi meningkatkan karya ilmiah yang terpublikasi. Jumlah karya ilmiah yang dihasilkan sebanyak 2,5 juta karya per tahun dengan peningkatan 4-5% pertahun.

Publikasi yang didukung dengan aplikasi online berbasis mobile memudahkan peneliti mengakses berbagai sumber referensi untuk risetnya, sehingga sitasi antar peneliti meningkat signifikan. Kelebihan publikasi ini adalah biaya operasional murah, rantai distribusi lebih pendek dengan penyebaran relatif lebih cepat dibanding jurnal cetak. Selain itu masukan pembaca terhadap format penulisan pada jurnal dapat dilakukan secara intensif dengan respon yang lebih cepat untuk perbaikan format tampilan penulisan jurnal.

Disamping jurnal yang dibuat tersebut, perguruan tinggi pun membuat gudang data akademik yang disebut repositori. Kelebihan repositori dibanding jumal adalah repositori dapat digunakan untuk menyimpan data suara, gambar maupun video, selain karya ilmiah berupa tulisan. Usaha yang dilakukan oleh perguruan tinggi maupun institusi riset adalah meningkatkan penyebaran karya ilmiah yang dihasilkan.

Semakin banyak data karya ilmiah satu perguruan tinggi tersimpan di media yang dapat diakses bebas, semakin besar peluangnya untuk dibaca serta disitasi. Sitasi adalah rujukan yang diterima suatu karya ilmiah terindeks dari karya ilmiah lain yang juga terindeks. Representasi basis data indeks publikasi hasil karya ilmiah peneliti yang terbesar di dunia saat ini dikelola oleh tiga basis data pengindeks yaitu: Scopus, Clarivate Analytics (CA) dan Google Scholar (GS).

Dr. Adian Fatchur Rochim  berhasil mempertahankan disertasinya di bidang Ilmu Teknik Elektro yang berjudul “Metode Indeks-Ra Sebagai Salahsatu Alternatif Indikator Nilai Dampak Peneliti Yang Adil Berdasarkan Hukum Lotka dan Metode Index Jain” pada sidang promosi doktor yang dilaksanakan di Ruang Chevron FTUI pada Selasa (18/12/2018).

PROMOTOR

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM, M.Sc.
Guru Besar Tetap Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia

KO-PROMOTOR

Dr. Abdul Muis, ST, M.Eng
Staf Pengajar Tetap Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia

DEWAN PENGUJI

Prof. Dr-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng.
Prof. Dr. Ir. Bagio Budiardjo, M.Sc
Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng.
Dr. Muhammad Salman, ST, M.T
Dr. (HC). Isidro Aguillo

FacebookTwitter