id
id

Doktor Teknik Mesin FTUI, Kembangkan Pembangkit Energi Array Turbin Vertikal

Fakultas Teknik UI kembali menganugrahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Erwin. Doktor Departemen Teknik Mesin UI ini berhasil menamatkan studi S3-nya dengan dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Tresna P Soemardi, M.Si., S.E dan ko-promotor Prof. Dr. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Adi Surjosatyo, M.Eng. Erwin meraih gelar doktornya melalui penelitiannya yang berjudul “Studi Eksperimental Pengembangan Pengembangan Pembangkit Energi Array Turbin Vertikal dan Sistem Thermal Biomassa untuk Energi Yang Berkesinambungan dan Mandiri pada Kluster Minapolitan Domas Kota Serang”.

Menurut Erwin, langkanya energi mendorong berkembangnya teknologi konservasi energi dan energi terbarukan. Selain itu, pengembangan sistem pembangkit energi baru terbarukan hibrida mempunyai beberapa kelebihan seperti kestabilan dalam suplai energi. Oleh karena itu, Erwin melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah prototipe pembangkit hibrida sistem thermal biomassa dengan turbin angin. Turbin angin vertikal hibrida antara Savonius dan Darrieus ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan energi listrik pada kolam budidaya ikan pada sebuah klaster minapolitan di desa Domas, Kabupaten Serang, Banten. Hasil penelitian Erwin menghasilkan rekomendasi desain turbin angina hibrida Savonius Darrieus dan efek wake yang timbul pada turbin angina mengalami rata-rata recovery pada jarak x/D = 4.

Selain disertasinya yang menarik, Erwin juga telah menghasilkan beberapa karya yang sudah dipublikasi secara internasional serta usulan paten. Kelima publikasi ilmiah karya Erwin di antaranya, yaitu “Improvement Savonius Blade to Overcome Dead Band on Hybrid VAWT Savonius-Darrieus For New and Renewable Energy Cluster for Tropical Country” dalam Konferensi Internasional Teknik Mesin di Bali, “Development of The Third Darrieus Blade of Sultan Wind Turbine for Low Wind Speed” dalam Applied Mechanics and Material, “Design Optimization of Hybrid Biomass and Wind Turbine for Minapolitan Cluster in Domas, Serang, Banten, Indonesia” dalam IOP Conference Series 2018, “The Effect of Hybrid Savonius and Darrieus Turbine on The Change of Wake Recovery and Improvement of Wind Energy Harvesting” dalam Journal of Applied Engineering Science, dan “Design Optimization of Hybrid Biomass and Wind Turbine for Minapolitan Cluster in Domas, Serang, Banten, Indonesia” dalam International Conference TICATE 2018. Selain itu, Erwin juga telah menghasilkan usulan paten pada Omnidirectional Vertical Axis Wind Turbine. (Humas FT UI)

X