id
id

Dosen dan Mahasiswa FTUI Tingkatkan Teknik Pengecoran Logam dan Kualitas Produksi Komponen Alat Kesehatan di Kabupaten Sukabumi

Sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat, tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang terdiri dosen dan mahasiswa Departemen Teknik Metalurgi & Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTMM FT UI) bekerja sama dengan PII BK Teknik Material mengadakan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) pengecoran logam Alumunium.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan mulai Senin sampai Sabtu, (16-21 November 2020) di IKM Surya Wahana Karya, untuk pelatihan dilaksanakan di Hotel Sparks Odeon Sukabumi mulai jumat sampai sabtu (15-16 Januari 2021) dan dihadiri 10 peserta yang merupakan perwakilan IKM yang berasal dari Desa Nagrak, Kec. Cisaat, Kab. Sukabumi. Kegiatan ini mengalokasikan dana Hibah Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan skema Program IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) 2020 dari Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat UI.

Dr. Ir. Donanta Dhaneswara, M.Si. selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pendampingan serta pelatihan dan pemberian  materi dalam upaya penanggulangan cacat pengecoran untuk meningkatkan kualitas produksi komponen alat kesehatan pada sentra pengecoran Aluminium Desa Nagrak.

Kegiatan ini dimulai dengan kunjungan langsung ke lokasi sentra pengecoran untuk melihat proses dan hasil produksi IKM. Hasil produksi IKM tersebut berupa komponen komponen peralatan kesehatan.

Setelah itu, dilanjutkan pemberian materi serta sesi tanya jawab mengenai pengetahuan, perlakuan panas, pengecoran material nonferrous serta sifat-sifat material logam dan pengujiannya. Selain itu, dilakukan juga simulasi penggunaan perangkat lunak Z-Cast dan penyuluhan tablet degasser “Degastab”. Degastab merupakan hasil inovasi Laboratorium Metalurgi Proses DTMM FT UI yang berfungsi mengurangi porositas hasil pengecoran Aluminium. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki kekuatan mekanik dan kualitas yang baik.

Dr.Ir. Jaka Fajar Fatriansyah, M.Eng. IPM, selaku ketua PII BK Teknik Material menyatakan kegiatan ini akan mendukung program pemerintah yang mendorong serapan produk IKM dalam pasar nasional dan internasional.

Materi dalam kegiatan ini dipaparkan oleh pemateri berkompeten yang merupakan dosen DTMM FT UI antara lain Dr.Ir. Jaka Fajar Fatriansyah, M.Eng. IPM, Nofrijon Sofyan, PhD dan Ir. Muhamad Churiyanto.

Dr. Ir. Donanta Dhaneswara, MSc, Kepala Laboratorium Metalurgi Proses DTMM FTUI, menyampaikan, pelatihan ini pada dasarnya memberikan pengetahuan dasar pada pelaku IKM untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari produk yang dihasilkan. Karena ilmu pengecoran dari pelaku IKM diperoleh secara turun temurun, sementara tuntutan permintaan pasar yang mengharuskan produk yang memenuhi standar. Sehingga peran Perguruan Tinggi diperlukan untuk memberikan solusi berdasarkan kajian akademik.

Selain itu, beliau berharap kepada Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi, Dr.H. Aam Amar Halim, M.Si, agar IKM  di Kecamatan Cisaat juga dapat menjadi edukasi wisata karena menarik bagi anak-anak di kota untuk mengetahui proses pembentukan logam dengan teknik Pengecoran Logam, diharapkan pula andil pemerintah setempat untuk membuat regulasi sehingga IKM dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi sehingga menghasilkan produk berkualitas.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi menuturkan, kegiatan seperti yang sangat ditunggu pemerintah daerah untuk dapat berkolaborasi dengan UI, sehingga IKM di Sukabumi khususnya pengecoran logam dapat meng-upgrade keterampilannya sehingga dapat memproduksi produk yang punya daya saing global.

Dudi, salah satu peserta, menuturkan, kegiatan ini menjadi wadah bagi kami sebagai pelaku IKM untuk menemukan solusi dari masalah yang kami hadapi di lapangan. Karena kami hanya mengacu pada pengetahuan turun temurun tanpa mengetahui pengetahuan dasar pengecoran logam khususnya Aluminium. Sehingga kami sangat berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi di desa kami, sambungnya.

Artikel diatas telah terbit pada media:

  • https://www.sukabuminews.net/2021/01/sebagai-wujud-tri-dharma-pada.html
  • https://radarsukabumi.com/kabupaten-sukabumi/ui-latih-industri-pengecoran-logam-cisaat/
X