id
id

Dosen FTUI Luncurkan Aplikasi Pajon Checkout: Jejaring Toko Online Indonesia

pajnDua orang dosen dan dua orang alumni dari Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), yaitu Chairul Hudaya, Ardiansyah, Adityo Abdi Nugroho dan Tribuana, yang terhimpun dalam Pajon Teknologi Indonesia (startup pengembang produk dan layanan elektronik berbasis Internet) akhirnya mengeluarkan produk perdana mereka yang diberi nama Pajon Checkout.

Produk aplikasi yang dapat diakses di http://checkout.co.id ini, dikembangkan dengan harapan dapat menjadi Jejaring Toko Online Indonesia asli dari dan untuk bangsa Indonesia. Pajon Checkout dibuat dengan melihat animo masyarakat Indonesia, yang menurut Matthew Driver, Presiden MasterCard Asia Tenggara, merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce yang terbesar di Asia-Pacific. Hingga saat ini terdapat beberapa jenis konsep toko online di Indonesia. Ada yang berkonsep iklan baris (kaskus.co.id, oxl.co.id, dan berniaga.com), berkonsep Business to Consumer (B2C) (lazada.co.id, bhineka.com, dan zalora.co.id.), serta berkonsep Mal Online (blibli.com, elevania.co.id, tokopedia.com, dan bukalapak.com).

Kita ketahui bersama bahwa semua toko online tersebut adalah pemain-pemain besar, lalu bagaimana dengan pemain-pemain toko online kecil atau menengah? Pasti tak terhitung jumlahnya. Untuk terus bertahan dan berkembang, mayoritas toko online kecil dan menegah ini menghadapi beberapa permasalahan yang sama: masalah keamanan dan kemudahan transaksi, tingkat kepercayaan dari konsumen, masalah pengelolaan toko online hingga masalah ketepatan waktu pengiriman. Berbagai permasalahan tersebut timbul karena mereka harus mengelola toko onlinenya sendiri mulai dari pembuatan, pengiriman hingga sistem pembayaran. Di sisi lain, bagi para calon pembeli toko online, dengan semakin banyaknya toko online yang beredar, maka semakin banyak pula akun toko online yang harus mereka buat dan miliki, karena tidak semua produk yang mereka inginkan ada hanya pada sebuah toko online.

Selama melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Korea Selatan, Chairul Hudaya & Ardiansyah merasakan sendiri mudahnya bertransaksi dan jual beli online di Negeri Ginseng tersebut. Hal ini menginspirasi lahirnya Pajon Checkout. Sebagai menjadi pemain baru mal online di Indonesia, Pajon Checkout memberikan layanan display dan pemasaran produk para merchant di Portal http://checkout.co.id. Dengan ini diharapkan tingkat kepercayaan dari sebuah toko online kelas kecil dan menengah akan meningkat, karena toko mereka tergabung dan terdaftar dalam sebuah jejaring. Tidak hanya itu,  Pajon Checkout hadir dengan fitur Single Account, sehingga merchant/seller dan pembeli akan sama-sama mendapat tambahan keuntungan.

Hadirnya Pajon Checkout memberi kesempatan bagi para Merchant/Seller untuk mengintegrasikan website toko online pribadi yang mereka punya ke sistem Pajon Checkout. Seller akan mendapatkan keuntungan lebih dengan tetap dapat menggunakan website atau blog toko online yang sebelumnya digunakan untuk identitasnya dalam berjualan online namun tanpa perlu pusing lagi dengan urusan manajemen transaksi hingga sistem pembayarannya. Kepuasan pelanggan dapat meningkat karena proses pengiriman barang dapat dimonitor antara seller, pembeli dan Pajon Checkout dalam satu dashboard. Para pembeli toko online hanya perlu memiliki satu akun Pajon Checkout, mereka dapat bertransaksi di semua toko online yang ada dimanapun dan memonitor barang dan jasa yang telah dibelinya dengan nyaman dan mudah.

Pajon Checkout merupakan wujud dari percontohan kuliah kewirausahaan yang ada di FTUI dan sebagai sarana pengabdian masyarakat khususnya bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya ke pasar nasional maupun internasional secara online. Diharapkan juga bahwa dengan hadirnya Pajon Checkout, Jejaring Toko Online Indonesia karya anak bangsa ini, dapat membantu bertumbuhnya jumlah penjual online, khususnya dari lapisan kecil dan menengah, serta para pembeli akan lebih berani berbelanja online karena dapat merasakan kenyamanan dalam bertransaksi online dengan mudah, cepat dan aman hanya dengan Single Accout.

X