id
id

Fakultas Teknik UI Miliki Ruang Kelas “Pintar”

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) meresmikan Ruang Kelas berteknologi tinggi bernama “FT UI Smart Class Room”. Smart Class Room ini terealisasi atas kerjasama FT UI dengan PT. Kapal Api Global sebagai upaya menciptakan ruang kelas perkuliahan yang nyaman, modern, dan interaktif. Ketua MWA UI, Bp. Saleh Husin, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Dekan FT UI Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., Chief Marketing Officer PT. Kapal Api Global Bp. Christeven Mergonoto, dan Deputy CEO PT. Kapal Api Global Bp. Adi Haryono, hadir meresmikan FT UI Smart Class Room yang dilakukan pada Senin (28/10) di FT UI kampus Depok.

“Sesuai dengan visi FT UI untuk menyediakan Cutting Edge Engineering Education, kami berkeinginan untuk mengimplementasikan teknologi IT yang mengubah proses pengajaran di FT UI dari teaching menjadi learning yang berfokus kepada mahasiswa,” ungkap Dekan FT UI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.

FT UI membangun dua jenis smart class room yang modern dan interaktif. Kelas yang pertama dilengkapi dengan modular table yang dapat diatur formasinya sesuai dengan mode perkuliahan. Selain itu, smart class room ini juga dilengkapi dengan smart board interaktif yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran.

“Selama perkuliahan berlangsung, sistem akan merekam kegiatan perkuliahan secara otomatis dan hasilnya dapat digunakan untuk oleh mahasiswa untuk mereview kuliah mereka pada hari itu. Hasil rekaman dan hasil diskusi selama perkuliahan di smart class room dapat diakses oleh mahasiswa melalui kanal Learning Management System,” lanjut Dr. Hendri D.S. Budiono.

Pengembangan sistem pendidikan berbasis teknologi yang dicanangkan oleh FT UI mendapatkan dukungan penuh dari PT. Kapal Api Global. “Kami melihat bahwa ke depannya, industri dan universitas harus bergandengan erat. Untuk membangun SDM Indonesia yang siap menghadapi persaingan masa depan. Pengembangan pendidikan di Indonesia, bukan hanya tanggung jawab kampus tapi juga tanggung jawab masyarakat industri,” jelas Christeven Mergonoto, Chief Marketing Officer PT. Kapal Api Global.

“Untuk itu, PT. Kapal Api Global turut berpartisipasi dalam pembangungan smart class room dengan memberikan hibah kepada Fakultas Teknik UI,” lanjut Christeven Mergonoto.

Penerapan teknologi smart class room yang telah diimplementasikan oleh berbagai universitas terkemuka di dunia, merupakan bagian dari komitmen FT UI untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswa. Penerapan teknologi juga diharapkan dapat mendorong pembentukan sistem yang terintegrasi untuk memfasilitasi proses belajar untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan-lulusan yang siap menghadapi tantangan global.

 

 

X