id
id

FMIPA UNHAS Studi Banding ke FTUI Untuk Akreditasi Teknik Kimia

Selasa (8/06), Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik UI menerima kunjungan dari Departemen Kimia FMIPA UNHAS. Dr. Bambang Heru Susanto, ST. MT selaku Ketua Departemen Teknik Kimia FT UI hadir didampingi oleh tim kurikulum DTK FTUI, Apriliana Cahya Khayrani, STP., M.Eng., Ph.D., Dr. rer. nat. Ir. Yuswan Muharam M.T., Dr. Tania Surya Utami, ST., MT. (Ketua Program Studi Teknik Bioproses), dan Rahma Muthia, ST., M.Sc., Ph.D.

Prof. Ahyar Ahmad, Ph.D (Ketua Program Studi S3 Ilmu Kimia) selaku perwakilan FMIPA UNHAS datang bersama beberapa dosen dan staf FMIPA UNHAS lainnya, yaitu Dr. Hasnah Natsir (Ketua Program Studi S2 Ilmu Kimia), Dr. St Fauziah, M.Si. (Sekretaris Departemen Kimia), dan Dr. Nur Umriani Primitasari, M.Si. (Departemen Kimia).

Adapun tujuan dari pertemuan antara FTUI dan UNHAS adalah untuk melakukan studi banding ke Departemen Teknik Kimia FTUI untuk bertukar informasi tentang kurikulum, SOP, pedoman penyelenggaraan program studi dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan UNHAS untuk mempersiapkan pelaksanaan Akreditasi Unggul prodi S2, S2, dan S3 yang akan dilaksanakan oleh Departemen Kimia FMIPA UNHAS.

“Terkait akademik, alhamdulillah semua prodi di Departemen Kimia statusnya semua UNGGUL, baik yang S1, S2, dan S3. Terakhir untuk S2 Teknik Kimia sudah masuk LAM dan kebetulan kemarin ditawari sebagai percontohan. Proses akreditasi LAM tersebut dipersiapkan selama 1 bulan dan kemarin sudah keluar bahwa hasilnya adalah UNGGUL,” ujar Dr. Bambang terkait akreditasi program studi yang ada di Departemen Teknik Kimia FTUI.

Dr. Bambang juga memaparkan bawa Departemen Teknik Kimia FTUI memiliki agenda yang Bernama ‘DTK Menyapa’. Agenda yang dilaksanakan minimal 1 bulan sekali ini adalah agenda dimana DTK berkunjung ke stakeholder seperti industri atau lembaga riset secara rutin. Tujuan dari agenda ini agar DTK dapat keluar dari zona nyaman dan dapat mengambil pembelajaran baru.

Pertemuan dilanjutkan dengan pembahasan MBKM, riset, sistem nilai, dan SDM pengajar di masing-masing universitas. Selanjutnya, Dr. Bambang menyampaikan bahwa nantinya Departemen Teknik Kimia FTUI akan bergantian untuk mengadakan kunjungan ke Departemen Kimia UNHAS.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X