id
id

FTUI Buka Peminatan Baru Terkait Proses Produksi Energi Bersih Terbarukan Untuk Program Magister

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membuka Peminatan Energi dan  Proses  Berkelanjutan  (EPB)  pada  Tahun  Akademik  2023/2024.  Di bawah naungan Departemen Teknik Kimia (DTK) FTUI, peminatan ini adalah satu dari tiga peminatan yang baru dibuka dan memfokuskan pada peningkatan kinerja kebijakan, perencanaan, pengaturan, pembangunan, eksplorasi, dan proses di industri energi terbarukan dalam rangka mewujudkan ketahanan energi nasional yang terkelola dengan baik.

“Energi merupakan kebutuhan mendasar yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Energi tak hanya merupakan faktor produksi yang penting untuk kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, namun juga menjadi komoditas strategis yang dapat mengancam kegiatan ekonomi pada saat kondisi krisis, terutama pada saat kondisi harga yang tidak terkendali akibat terbatasnya pasokan. Pengetahuan terkait dengan energi dan proses yang berkelanjutan dengan demikian menjadi penting untuk dapat diselenggarakan dan diberikan,” kata Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI.

Saat ini, dunia tengah memasuki masa transisi energi. Diawali dengan Kesepakatan Paris (Paris Agreement) tentang perubahan iklim untuk menjaga pemanasan global tidak terus meningkat yang ditindaklanjuti dengan pernyataan dari berbagai negara untuk mencapai posisi net-zero emission (NZE) di 2050 yang mengharuskan semua negara melakukan transisi energi. Kemajuan teknologi yang mendasarkan pada konsep proses berkelanjutan yang pesat tentunya dapat menurunkan biaya eksplorasi dan proses penyediaan energi khususnya untuk energi terbarukan.

Ketua Departemen Teknik Kimia FTUI, Dr. Bambang Heru Susanto, S.T., M.T. mengungkapkan, “Salah satu kelebihan peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan terletak pada fleksibilitas yang dimiliki. Lulusan program ini kedepannya dapat bekerja di berbagai bidang terkait perancangan di EPC (Engineering, Procurement & Construction), sebagai Process Engineer, pelaksana dan pengelola penyediaan energi (seperti di perusahaan pembangkit, PLN), ahli lingkungan hidup (dekarbonisasi), instansi pemerintah (pengambil keputusan), dosen dan peneliti serta wirausaha.”

Dengan adanya Program Magister (S2) DTK FTUI peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan (EPB) ini, diharapkan menghasilkan lulusan-lulusan yang terdidik, berpengetahuan dan handal dalam mengelola isu-isu terkait eksplorasi, penyediaan dan distribusi energi berkelanjutan melalui rekayasa proses yang mendukung konsep dan pilihan-pilihan teknologi proses yang efesien, efektif dan berkelanjutan. Kedepannya, lulusan EPB akan dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan ketersediaan energi berkelanjutan yang tercermin dengan terlihatnya keberpihakan kebijakan dan penggunaan energi berkelanjutan dan pilihan rekayasa prosesnya baik secara kuantitatif maupun kualitatif di tempat mereka bekerja.

Pada tahun akademik 2023/2024 ini, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTK FTUI) membuka tiga peminatan baru untuk Program Magister. Ketiga peminatan tersebut, yaitu Energi dan Proses Berkelanjutan (EPB), Manajemen Keselamatan Proses (MKP), dan Teknologi Intensifikasi Proses (TIP). Penambahan tiga peminatan baru ini menambah jumlah peminatan yang tersedia di DTK FTUI dari sebelumnya lima peminatan (Teknologi Gas, Katalis Industri, Perlindungan Lingkungan & Keselamatan Kerja, Perancangan Produk & Proses Kimia, dan Manajemen Gas) menjadi delapan peminatan.

Saat ini FTUI mengelola 12 program studi magister, yaitu prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah Kota, prodi Magister Multidisiplin Teknik Sistem Energi, prodi Magister Teknik Sipil, prodi Magister Teknik Lingkungan, prodi Magister Teknik Mesin, prodi Magister Teknik Elektro, prodi Magister Teknologi Biomedis, prodi Magister Teknik Metalurgi & Material, Prodi Magister Manajemen Integritas Material (MIM), prodi Magister Arsitektur, prodi Magister Teknik Kimia, dan prodi Magister Teknik Industri.

Penjelasan lengkap terkait program Magister FTUI dapat dilihat di www.eng.ui.ac.id dan SIMAK UI (https://simak.ui.ac.id). Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs http://penerimaan.ui.ac.id.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X