id
id

FTUI Kirim 11 Mahasiswa Pascasarjana Double Degree ke University of Leeds

Pada Senin (19/09), dilaksanakan pelepasan mahasiswa S2 Double Degree Departemen Teknik Sipil FTUI yang akan melanjutkan pendidikan ke The University of Leeds, Inggris. 11 mahasiswa S2 Double Degree yang akan berangkat ini merupakan bagian dari program kerjasama pendidikan antara FTUI dengan Kementrian Perhubungan. Saat ini juga terdapat 9 mahasiswa program kerjasama yang masih menempuh pendidikan di FTUI dan bersiap berangkat di semester depan.

Pada sambutannya, Prof. Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI menyampaikan, “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Kementrian Perhubungan atas beasiswa yang diberikan kepada para Mahasiswa S2 Teknik Sipil sehingga para mahasiswa double degree ini dapat berangkat ke Leeds University. Untuk 9 mahasiswa yang saat ini masih di FTUI, semoga para mahasiswa dapat tetap semangat dalam menjalankan perkuliahan di FTUI. Kami berharap kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut tiap tahunnya, yakni memiliki angkatan dari Kementrian Perhubungan.”

Drs. Nahnuddin, M.Sc. selaku perwakilan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan menyampaikan, “Saat ini ada urgensi dalam pengembangan SDM di institusi Kementrian Perhubungan. Hal ini agar kami dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan teknologi transportasi. Saya juga ingin menekankan agar para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di FTUI dapat menjaga dan menghindarkan diri dari plagiarisme selama proses perkuliahan berlangsung untuk menjaga nama baik diri sendiri dan instansi.”

Ketua Departemen Teknik Sipil FTUI, Ayomi Dita Rarasati, S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan presentasi yang berisi pembekalan pembekalan kepada mahasiswa S2 sebelum keberangkatan mereka ke University of Leeds demi kelancaran perjalanan studi mereka. Beberapa hal yang dipaparkan antara lain keperluan barang-barang, kondisi lingkungan, dan informasi lainnya guna menunjang kesiapan mahasiswa saat melakukan proses perkuliahan nantinya.

Di penghujung acara, dilakukan penyerahan LoA secara simbolik oleh Prof. Yanuar dan Drs. Nahnuddin kepada Mahasiswa Double Degree S2 Teknik Sipil yang diwakili oleh Sdr. Gatot Armandiantoro Adi. Turut hadir dalam acara ini, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, MSc., Ph.D., Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni Dr. Ing. Ir. Dalhar Susanto, dan Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng.

Kami ucapkan selamat dan sukses kepada 11 mahasiswa Double Degree yang akan menuntut ilmu ke University of Leeds. Mereka antara lain Astri Lestari, Epa Suryanto, Gatot Armadiantoro Adi, Komang Risma Devi Kartika, Mahardi Arief Tanjung, Mohadi Prasetyo, Muhammad Ilham, Novia Iswara Pratiwi, Putu Yudiek Suhermawan, Rahmadsyah Yazid Putra, dan Ulfah Azizah.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X