FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Presiden Republik Indonesia dalam beberapa kesempatan mengamanatkan bahwa Perguruan Tinggi harus menyajikan kurikulum yang cepat menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mendukung visi Pemerintah tersebut, khususnya pada bidang Energi, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) telah mendirikan Prodi baru, yaitu Prodi Magister (S2) Teknik Sistem Energi (TSE).

Pada Senin 10 September 2018 di Kampus UI Salemba Jakarta dilakukan acara peresmian (launching) Prodi Multidisplin Teknik Sistem Energi. Acara ini dihadiri oleh Dekan FTUI Dr. Ir. Hendri D.S Budiono, M.Eng, beserta jajaran Pimpinan FTUI, dan juga Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti, Dr. Muhammad Dimyati, yang pada kesempatan ini membawakan Keynote Speech yang berjudul “Peran Research & Development dalam Mendukung Pembangunan Energi Nasional”.

Acara peresmian ini juga disertai dengan diskusi panel yang menghadirkan sejumlah pakar dibidang energi dan sekaligus juga sebagai tenaga pengajar untuk Program Magister ini. Diantarnya Prof. Dr. Iwa Garniwa M. K., M.T. (DTE), Prof. Dr. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. (DTK), Prof. Dr. Ir. Akhmad Herman Yuwono, M.Phil.Eng (DTMM), dan Dr. Anhar Riza Antarisawan, dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Acara peresmian ini juga turut dihadiri oleh 22 mahasiswa baru Program Magister Teknik Sistem Energi dan 33 mahasiswa baru Program Magister Manajemen Ketenagalistrikan dan Energi, yang saat ini sudah aktif memulai perkuliahan.

Dalam Keynote Speech nya, Dr. Muhammad Dimyati menjelaskan bahwa Indonesia harus mampu menjawab tantangan bidang energi di era revolusi industri 4.0. Lebih lanjut dipaparkan pula bahwa Indonesia harus bisa memanfaatkan era bonus demografi pertumbuhan populasi penduduk yang saat ini sedang dialami. Dengan potensi sumber daya manusia ini, Indonesia harus bisa merespon dengan menggalakkan riset dan studi terutama dibidang penyediaan energi nasional. Untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk menghasilkan karya dan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi bangsa.

Selanjutnya dalam diskusi panel, Prof. Dr. Iwa Garniwa membawakan presetasi dengan Judul “Smart Energy System”, Prof. Dr. Widodo Wahyu Purwanto membawakan topik kebijakan energi, Dr. Anhar Riza Antariksawan mempresentasikan tentang sejarah dan perkembangan energi nuklir di Indonesia. Dan bertindak sebagai moderator dalam diskusi ini adalah Ir. Chairul Hudaya, S.T., M.Eng., Ph.D, IPM. yang juga sebagai Kepala Program Studi Magister Teknik Sistem Energi UI.

Program Magister Teknik Sistem Energi sendiri adalah bidang ilmu multidisiplin pertama di FTUI. Teknik Sistem Energi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari desain dan eksekusi suatu proses secara multidisiplin di sektor energi untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan dan untuk membuat kebijakan yang memperhatikan aspek teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan selama siklus hidup sistem yang didesain. (Humas FTUI)

https://tekno.tempo.co/amp/1127942/ui-buka-program-magister-teknik-sistem-energi
http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/09/18/ftui-resmikan-program-s2-teknik-sistem-energi
https://news.okezone.com/read/2018/09/18/65/1952303/fakultas-teknik-ui-kini-miliki-s2-teknik-sistem-energi