enid
enid

FTUI Sambut Lima Mahasiswa Asing dari Romania dan Perancis

Untuk perkuliahan semester genap 2021/2022, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI)  menerima lima mahasiswa asing dari Romania dan Perancis melalui program student exchange yang dikoordinasikan dengan Kantor Urusan Internasional UI. Acara penyambutan mahasiswa asing ini dikemas dalam “UI Virtual Orientation Day” yang diselenggarakan pada Rabu, 26 Januari 2022.

“UI Virtual Orientation Day adalah suatu bagian penting untuk memulai semester selanjutnya di FTUI bagi mahasiswa pertukaran,” kata Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Pendidikan FTUI. Dr. Nyoman juga memaparkan tiga hal penting yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa asing yang akan menempuh pendidikan di FTUI pada semester genap ini. Tiga hal tersebut adalah penjelasan profil FTUI, struktur departemen dan kemahasiswaan FTUI, dan proses registrasi akademik di Fakultas Teknik UI. Selain Dr. Nyoman, turut hadir para Ketua dan Sekretaris Departemen di lingkungan Fakultas Teknik.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyambut baik kehadiran mahasiswa asing di FTUI. “Sebagai World Class University, FTUI telah menerima banyak mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia. Hal itu dibuktikan dengan kerja sama luar negeri yang telah FTUI jalin dengan 51 Universitas di dunia  selama tahun 2018-2021.”

Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FTUI, Ayomi Dita Rararsati, S.T., M.T., Ph.D. menyambut baik kedatangan satu mahasiswa pertukaran pelajar untuk program Magister, Julien Paublant dari IMT Nord Europe, Perancis. “Mahasiswa asing program pertukaran mendapat 15 sks dalam satu semester. Departemen juga menyediakan kredit untuk  mahasiswa asing  belanja mata kuliah tambahan,” kata Dr. Ayomi pada sambutannya.

“Terima kasih mahasiswa program pertukaran telah memilih Departemen Arsitektur. Pihak Departemen telah mempersiapkan beberapa mata kuliah yang akan diselenggarakan semester depan. Mata kuliah ini juga akan digelar bersama dengan mahasiswa kelas Internasional di Arsitektur UI. Mata kuliah kuliah tersebut di antaranya, Introduction to Sustainability, Acoustics, Heritage Architecture, 2D Digital Communication” kata Kristanti Dewi Paramitha, Ph.D, Sekretaris Departemen Arsitektur.

Departemen Arsitektur sendiri menerima tiga mahasiswa exchange program sarjana dari Gheorghe Asachi Technical University, Romania. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Amina Parasca, Ciobanu Andra, dan Paval Andreea Lacramioara.

Dr. Zulkarnain, Sekretaris Departemen Teknik Industri menampilkan laman mata kuliah di SIAK NG untuk mahasiswa asing pilih. “Pada laman ini mahasiswa asing dapat memilih mata kuliah yang ada. Daftar mata kuliah di laman ini didesain untuk mahasiswa asing dengan bahasa pengantar, yaitu bahasa Inggris.” Departemen Teknik Industri menerima satu mahasiswa asing program exchange S1 dari Polytech Angers, Perancis yaitu Victor Denis B. Weller.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X