id
id

FTUI Selenggarakan Seminar Kewirausahaan untuk Mendukung Mahasiswa dan Alumni di Bidang Wirausaha

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berkolaborasi dengan E-Corp FTUI menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema Menangkap Peluang Usaha Rintisan di Bidang Energi Terbarukan: Proyeksi dan Tantangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait kewirausahaan dan mendorong mahasiswa/alumni FTUI untuk dapat bergerak di bidang kewirausahaan, salah satunya di bidang renewable energy. Pada kegiatan ini, FTUI menghadirkan pembicara yang berkecimpung langsung di dunia renewable energy, Amarangga Lubis selaku Co-Founder Solarkita dan Prof. Dr. Ir. Adi Surjosatyo, M.Sc. selaku Director Tropical Renewable Energy Research Center (TREC).

”Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari FTUI untuk mendukung mahasiswa dan alumni FTUI yang ingin menjadi seorang pengusaha. Hal ini juga sejalan dengan tagline yang diusung oleh FTUI untuk menciptakan entrepreneur yang unggul dan berdampak. Dengan begitu, ke depannya FTUI dapat menjadi wadah untuk mengembangkan ide-ide bisnis, khususnya di bidang keteknikan,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

”Saat ini, mahasiswa dan alumni FTUI memiliki potensi besar untuk berinovasi dan mengembangkan usaha di bidang keteknikan,” jelas Amarangga Lubis. Dalam kesempatan ini, Amarangga juga menjelaskan konsep berwirausaha dengan orientasi profit and beneficial for others. Menurutnya, dengan menerapkan konsep tersebut, usaha yang dijalankan bukan hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

Para peserta dapat berinteraksi langsung dan belajar banyak dari para narasumber. Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan pembuka untuk kegiatan entrepreneurship lainnya. Ke depannya, FTUI akan menyelenggarakan kegiatan serupa, seperti Innovation Into Invention (i3) yang merupakan kegiatan bootcamp entrepreneurship. Selain itu, kegiatan-kegiatan webinar yang akan dilakukan pun akan lebih beragam mencakup banyak topik di bidang kewirausahaan. Kegiatan ini tentunya menjadi dukungan untuk mendorong bakat dan ide dari para mahasiswa dan alumni FTUI dalam membangun kewirausahaan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X