FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

FTUI Seminar Series kembali digelar, kali ini menghadirkan pembicara dari Jepang  yaitu Prof. Keizo Watanabe, Ph.D. dari Tokyo Metropolitan University.  Acara FTUI seminar series ini diadakan pada 7 September 2017 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Acara dibuka dengan sambutan dari Guru Besar Prof. Dr. Ir. Yanuar. M.Eng., M.Sc. Departemen Teknik Mesin.

Prof. Keizo membawakan presentasinya yang berjudul Drag Reduction of a Lotus Leaf. Presentasi Prof. Keizo terbagi dalam Drag reduction of internal flow, dan drag reduction of external flow. Di dalam penjelasan drag reduction of internal flow terdapat flow in a circular pipe or a duct, flow between two coaxial cylinders, flow around a rotating disk. Begitu juga didalam penjelasan drag reduction of external flow terdapat flow past a cylinder, flow past a sphere.

Secara garis besar, Prof. Keizo membahas tentang efek superhydrophobic dan terutama penerapannya dalam drag reduction, menguraikan teori yang relevan pada sudut kontak dan panjang selip. Ini jelas menunjukkan bagaimana Kombinasi kekasaran permukaan dan hidrofobisitas dapat digunakan untuk membuat slip besar pada cairan padat antarmuka dengan memanfaatkan antarmuka cairan-uap bebas geser.. (Humas FT)