FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Seminar Series FTUI kembali digelar pada 4 Desember 2017 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI, dengan topic “Joint German-Southeast Asian Research Initiative For Sustainable Energy Transitions On Islands (Riseti)”. Acara dibuka dengan sambutan dari salah satu Guru Besar Departemen Teknik Kimia FTUI, Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto dan bertindak sebagai moderator Yoga Wienda Pratama dari Sustainable Energy System & Policy-UI (SESP UI).

Seminar series kali ini menghadirkan pembicara dari beberapa institusi luar, yaitu Reiner Lemoine Institut dengan pembicara Dr. Kathrin Goldammer, Paul Bertheau, dan Dr. Philipp Blechinger; Pembicara dari Technische Universitat berlin, Prof. Dr.-Ing. Dr. H. C. George Tsatsaronis, yang membawakan presentasi yang berjudul “Chair of energy Engineering & Environmental Protection” serta pembicara dari University of the Philippines Diliman, Prof. Crispin Diaz dan Myron T. Alcanzare.

Dr. Kathrin menjelaskan fokus pada seminar kali ini adalah Presentations to Understand and Discuss diantaranya the german energiwende, the energy supply situation in ASEAN region, serta special challenges for island energy supply.  Penelitian ini merupakan sebuah penelitian Gabungan Jerman – Asia Tenggara untuk Transisi Energi Berkelanjutan di negara-negara kepulauan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan kebutuhan penelitian masa depan, mengidentifikasi kepentingan penelitian bersama, dan berbagi hasil penelitian terbaru mengenai sistem energi terdesentralisasi di Asia Tenggara, dan juga menguraikan proyek penelitian bersama untuk masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendorong untuk pengembangan dan penguatan riset interdisiplin serta meningkatkan atmosfer penelitian yang semakin kondusif.  (Humas FTUI)