FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

ftui-seminar-seriesSeminar Series FTUI kembali digelar pada 17 Oktober 2014 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Acara dibuka oleh Manajer Riset FTUI, Prof. Akhmad Herman Yuwono dan menampilkan Kin-Mun Leo dari Shell dan membawakan tema tentang Inovasi Teknologi Shell; Teknologi Energi GTL (gas to liquid).

Inovasi teknologi Shell selama kurang lebih 40 tahun telah melahirkan pelumas mesin berbahan dasar Gas Alam, dimana pelumas mesin konvensional pada umumnya terbuat dari minyak bumi, Shell berhasil membuat pelumas mesin revolusioner yang terbuat dari gas alam melalui proses Gas to Liquid, dengan pengembangan lebih lanjut dari proses Fischer Tropsch.

Bahan dasar gas ala mini menghasilkan kandungan partikel yang lebih bersih dan murni, yang tidak mungkin didapatkan dari minyak bumi, sehingga memberikan manfaat yang lebih bagi mesin kendaraan, diantaranya: tingkat kebersihan yang lebih baik, tingkat keausan yang lebih rendah, bahan bakar yang lebih efisien, serta ketahanan pelumas yang lebih lama. Proses produski bahan dasar ini, yang disebut Shell PurePlus Technology, terdiri dari 3 proses yaitu Gasification, Synthesis dan Hydrocracking. (Humas FT)