FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia (UI) menerima hibah satu buah laboratorium lean manufacturing dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia.Laboratorium yang merupakan replika sistem produksi dan manufaktur ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata kondisi industri otomotif kepada para calon insiyur sehingga dapat mempersempit kesenjangan antara teori di dunia pendidikan dengan praktek dunia kerja.

Hibah ini merupakan hibah kedua PT. Toyota, setelah sebelumnya pada tahun 2014 menyumbangkan sebuah laboratorium lean production system kepada Fakultas Teknik UI (FTUI). Kedua laboratorium ini dipergunakan untuk praktikum mata kuliah logistic manufacturing di FT.

Secara total, nilai donasi laboratorium pendidikan ini adalah sekitar Rp 1 milyar. Selain dalam bentuk laboratorium, Toyota juga memberikan donasi alat peraga praktikum pendidikan berupa mobil utuh, mesin dan berbagai komponen kendaraan lainnya.

“Kami yakin sinergi dengan perguruan tinggi di Indonesia sangatlah penting terutama sebagai wahana bagi dunia industri untuk bisa berbagi pembaruan mengenai teknologi terkini, sehingga pengembangan sumber daya manusia Indonesia selalu sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru,” kata Wakil Presiden Direktur Toyota, Edward Otto Kanter, dalam keterangan pers yang diberikan Toyota.