id
id

Gelar Produk Inovasi FTUI pada Pekan Litbang Pertahanan 2022

Fakultas Teknik UI (FTUI) berpartisipasi pada acara Pekan Litbang Pertahanan 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Agustus 2022 di lapangan Balitbang Kemhan, Jakarta Selatan. Acara tersebut, turut dihadiri oleh Pejabat Kementrian Pertahanan, Pejabat TNI, BRIN, KKIP, Dirut Industri Pertahanan, dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya. Dua orang dosen FTUI turut hadir sebagai narasumber yang membantu menjelaskan produk-produk inovasi FTUI kepada para hadirin. Kedua dosen FTUI tersebut yaitu, Dr. Ir. Tomy Abuzairi, S.T., M.Sc., M.T., Ph.D. dan Dr. Ibnu Maulana Hidayatullah, S.T., M.T.

Booth FTUI menampilkan berbagai karya sivitas akademika FTUI diantaranya:

  1. Drone Artifiacial Intellegnce For Autonomous System : Drone karya Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumo Putro, M.Eng.,
  2. Helm Anti Peluru karya Prof. Dr. Asep Handaya Saputra, M.Eng.,
  3. Batrei Pouch Cell Komposit LTO Si dan LTO-C/Sn karya Prof. Dr. ir. Anne Zulfa, MSc.,
  4. Kapal Tanpa Awak (Unmanned Surface Vehicle) Karya Prof. Dr. Ir. Sunaryo, M.Sc. dan TIM AMV UI.,
  5. Tabung Komposit Almunium 6061 atau paduan Al-Mg-Si/Babi-Al203 karya Prof. Dr. Ir. Anne Zulfia, MSc.,
  6. Komposit Almunium Sebagai Kandidat Material Armor karya Prof. Dr. Ir. Anne Zulfia, Msc., serta
  7. Kapal Plat Datar Karya Alm. Ir. Hadi Tresno Wibowo & Dr. Eng. Gerry Liston Putra, S.T., M.T.

Pada pembukaan acara, Kabalitbang Kemhan Marsda TNI, Julexi Tambayong menyampaikan, “Pekan Litbang 2022 terdiri dari tiga kegiatan pokok yakni, Lomba Karya Inovasi Pertahanan yang diikuti oleh 131 peserta; kegiatan pameran produk-produk hasil litbang pertahanan yang diikuti oleh 40 peserta baik dari Balitbang Kemhan sendiri maupun Brin, Dislitbang Angkatan, Perguruan Tinggi, BUMN dan BUMS; dan dua Seminar Nasional terkait dengan topik, “Strategi Kebijakan Belanja Pertahanan Untuk Mengoptimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional” dan “Transformasi Pengembangan Roket R-Han 450 Menuju Peluru Kendali Pertahanan Indonesia.”

Pekan Litbang 2022 diharapkan dapat menjadi wadah diskusi tinjauan dan analisa teknologi terhadap konsep-konsep baru mengenai penggunaan kekuatan militer serta terus mendorong inovasi teknologi pertahanan. Saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan teknologi baru dan penerapan inovatifnya dalam pertahanan, beberapa contohnya antara lain: network centric warfare (ncw), pertahanan dunia maya, dan otomatisi alutsista. Semua teknologi ini adalah contoh bagaimana pergeseran paradigma dalam sains dan urusan militer atau perpaduan beberapa bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah menciptakan alat baru pertahanan yang semuanya berawal dari kegiatan penelitian dan pengembangan.

Saat ini FTUI memiliki hubungan kerja sama yang erat dengan Universitas Pertahanan. Pada 28 April 2022 yang lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Fakultas Teknik Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia (FTM UNHAN) telah menandatangani perjanjian kerja sama terkait penyelenggaraan, pengembangan, dan pembinaan pendidikan praktikum laboratorium UNHAN yang akan dilaksanakan selama satu tahun di FTUI, dan pendampingan penyusunan dokumen akreditasi program studi sarjana informatika, sarjana teknik sipil, sarjana teknik elektro, dan sarjana teknik mesin Fakultas Teknik Militer UNHAN.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X