id
id

Gerak Nyata TIS FTUI untuk Sehatkan Warga Karangpola, Pasar Minggu

TIS FTUI sebagai Badan Otonom FTUI yang fokus dalam bidang pengajaran dan kegiatan sosial masyarakat kembali menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal di Karangpola, Pasar Minggu pada Minggu, 26 Agustus 2018. Kegiatan yang bertempat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Seruni, Jatipadang ini ramai dihadiri lebih dari 200 warga sekitar.

Menurut panitia, acara ini diadakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan terutama bagi warga Karangpola yang sebagian besar beprofesi sebagai pemulung. Acara yang dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 15.00 ini dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak mulai dari tokoh masyarakat, pengurus RT/RW setempat, serta warga Karangpola dan sekitarnya.

Acara yang bertajuk TISUWBASA “TIS untuk Warga Bersih Sehat” ini dimulai dengan bincang-bincang tentang kesehatan setelah itu langsung dimulai pemeriksaan kesehatan bagi warga yang telah mendaftar oleh dokter baik umum maupun spesialis anak atau penyakit dalam. Setelah itu di akhir acara warga diberikan obat gratis sesuai rekomendasi dokter.

Bagi warga sekitar, acara ini memang sangat bermanfaat sehingga tidak heran antusiasme warga membludak dikarenakan pemeriksaan yang bekerjasama dengan BEM IKM FKUI dengan Alumni SMAN 66 Angkatan 2012 ini cukup lengkap, diantaranya tes kolesterol, gula darah, asam urat, bahkan juga terdapat pemeriksaan USG gratis untuk ibu hamil.

Taris, Kadept Pengmas BEM IKM FKUI mengapresiasi kinerja dan kerjasama seluruh pihak karena telah mensukseskan acara ini. “Menurut gua acara ini sangat bermanfaat banget, dan kegiatan ini patut banget diadain lagi untuk tahun-tahun seterusnya!” katanya.

Beberapa warga sekitar bahkan meminta panitia untuk mengadakan kegiatan pengobatan gratis secara berkala karena mereka benar-benar membutuhkan. “Kebetulan lingkungan di sekitar sini bisa dibilang kumuh. Kalau bisa kegiatannya diadakan lebih berkala,” ujar Ibu Nasini, warga setempat. Ibu Winanda juga menimpali bahwa acara kali ini memuaskan karena pemeriksaan yang lengkap dan dokter yang berkualitas, bagus, bermanfaat, dan akan sangat baik bila diadakan lebih sering. Dua jempol untuk TIS FTUI 2018, BEM IKM FKUI 2018, dan Alumni SMAN 66 Angkatan 2012(teknika ftui).

X