FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mempunyai dekan baru, yaitu Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono M.Eng. Beliau terpilih pada proses asesmen yang dilakukan pada Senin (20/11/2017) di Ruang Rapat A Gedung Rektorat UI Depok.

Pada proses tersebut, beliau berhasil unggul dari 3 kandidat lainnya, yaitu Dr. Fitri Yuli Zulkifli, S.T., M.Sc, Prof. Ir. Widjojo Adi Prakoso, M.Sc., Ph.D, dan  Prof. DR.-Ing., Misri Gozan, M.Tech, IPM

Pada presentasinya, beliau menyampaikan visinya yang berjudul “Mewujudkan Fakultas Teknik UI Kebanggaan Bangsa. Unggul dan Mampu Bersaing di Asia Tenggara”.

“Kebanggaan, unggul, dan mampu bersaing adalah 3 kata kunci dari presentasi saya hari ini,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan beberapa kelemahan yang dihadapi FTUI saat ini, yaitu fasilitas gedung dan alat yang kurang memadai, metode pengajaran yang masih konvensional.

Kelemahan lainnya adalah proses rekrutmen dosen & karyawan yang masih kurang optimal, reputasi dosen, mahasiswa dan alumni yang dinilai masih kurang, serta pemanfaatan teknologi informasi (TI) yang masih kurang optimal.

Dalam mengatasi kelemahan-kelemahan ini, beliau mengajukan beberapa program yang beliau anggap akan membawa perubahan positif bagi FTUI.

Dalam bidang pendidikan, beliau akan menjalankan program fast track sarjana profesional S1 sampai  dengan S3  berupa pemberian program-program sertifikasi tambahan.

Ia juga menginginkan perubahan dari kelas-kelas konvensional ke arah “OpenCourseWare”. OpenCourseWare adalah publikasi sumber daya pembelajaran berbasis web yang bebas digunakan oleh dosen dan mahasiswa di seluruh dunia.

Selain itu, ia juga menawarkan sebuah program pelatihan dengan tajuk “FTUI Leadership Program”. Ini adalah sebuah program yang bertujuan mencetak pimpinan-pimpinan FTUI kedepan, baik dari kalangan dosen ataupun mahasiswa.

Dalam bidang riset, beliau ingin menyelesaikan beberapa bangunan yang dimaksudkan untuk menunjang kinerja para peneliti.

Diantaranya adalah integrated engineering laboratorium building, applied research building, dan laboratorium profesor, serta peremajaan peralatan laboratorium.

Terkait riset, beliau juga menginginkan riset-riset di UI sampai pada tahap komersialisasi.Untuk itu, beliau akan mendirikan FTUI Business Center yang bertugas menjembatani penelitian-penelitian di FTUI dengan industri.

Dalam bidang pemanfaatan TI, beliau juga akan membuat sistem keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, dan monitoring ke dalam suatu sistem TI yang terintegrasi.

“Sehingga program-program yang akan dijalankan akan bisa berlangsung efektif dan efisien,” ujarnya.

Menurutnya, semua program ini menunjang dan selaras dengan tujuan-tujuan UI yang termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RJPN) UI tahap 1 untuk tahun 2015-2020.(ui.ac.id)

Proses asesmen dapat dilihat di tautan resmi Universitas Indonesia berikut ini: