hibah-iniled

Fakultas Teknik UI menerima hibah berupa lampu LED dari PT. Iniled Indonesia Industri. Penyerahan simbolik lampu LED dilakukan pada 4 November 2014 bertempat di Gedung Dekanat FTUI dengan diserahkan oleh perwakilan dari PT. Iniled Indonesia yaitu Bpk Herman dan diterima Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi, DEA serta didampingi Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FTUI, Prof. Akhmad Herman Yuwono.

Jumlah lampu LED yang dihibahkan sebanyak 206 unit LED T-Max Tube 18 watt dan 67 unit LED T-Max Tube 9 watt. Rencananya lampu LED ini akan di pasang di lantai 1 dan 2 Gedung S, atau Ruang Kuliah Bersama (RKB) II FTUI menggantikan lampu neon yang terpasang sekarang.

Penggunaan lampu LED dapat menghemat konsumsi listrik hingga 60% dan program ini juga berkaitan dengan program Green FT society, dimana salah satu programnnya adalah penghematan konsumsi energi listrik. Saat ini sistem penghematan di FTUI dipimpin oleh Dr.Eng. Arief Udhiarto, ST., MT dari Departemen Teknik Elektro FTUI.

Beberapa strategi yang dilakukan dalam sistem penghematan energi di lingkungan FTUI adalah pembuatan sistem monitoring pemakaian energi listrik untuk mengukur keberhasilan program hemat energi. Serta penetapan presentase penghematan energi yang ingin dicapai.

Langkah konkrit dalam mendukung strategi diatas adalah dengan mengubah budaya pemakaian energi sivitas akademika FTUI, penggantian lampu dengan lampu LED serta otomatisasi AC dan lampu serta pemanfaatan energi alternatif.

Sistem monitoring pemakaian energi di lingkungan FTUI terpasang di Gedung S untuk memonitor pemakaian AC dan lampu penerangan. Data pemakaian energi tersebut tersimpan di server di Departemen Teknik Elektro UI di www.ee.ui.ac.id/power.

Di web tersebut dapat dilihat secara online pemakaian energi di Gedung S (Real Time Power Consumption Monitoring Web). Selain sistem monitoring pemakaian energi di Gedung S, dipasang juga otomatisasi lampu lorong yang tersebar di berbagai selasar FTUI.

Untuk kedepannya sedang dikembangkan prototipe sistem penghemat AC otomatis serta prototipe smart grid yang dapat diakses via internet. Selain itu untuk langkah ke depan juga akan dilakukan pemasangan sistem monitoring di Gedung Dekanat dan di setiap Departemen di FTUI, penghematan pemakaian energi listrik dengan cara manual (satpam energi), fabrikasi dan instalasi sistem otomasi AC serta akan dilakukan integrasi dengan sumber energi alternatif. (Humas FT)

FacebookTwitter
X