Sabtu 30 April 2016 menjadi hari yang sangat inspiratif dalam membuka cakrawala mahasiswa & alumni sitivas akademika UI terkait dunia profesi dilingkungan (Engineering Procurement & Construction-EPC). Ratusan audiens dengan tekun mengikuti seri bahasan ‘Seminar Implementasi Integrated System dalam Industri EPC yang menghadirkan narasumber yang juga alumni FTUI dari berbagai latar belakang Multinational & Local EPC Company yang beroperasi di Indonesia seperti Tripatra, Rekayasa Industri, IKPT dan lainnya. Seminar yang dibagi menjadi 2 sesi ini bertambah seru saat Mr Ray Howarth seorang pakar asal Australia yang mewakili Intergraph PP&M Asia Pacific memaparkan ulasannya.

Short course seputar dunia EPC ini sangat berkaitan erat dalam upaya sistematis dalam peningkatan ‘Capacity Building’ bagi calon Engineers-Rekayasawan Indonesia memasuki era kompetisi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimana tugas Rekayasawan EPC adalah untuk melakukan rekayasa (engineering) dari suatu plant/pabrik melalui berbagai aktivitas melakukan pembelian (procurement) barang-barang, materials juga equipment yang terkait industri Kimia, Migas dsb. Lalu kemudian diikuti dengan tahapan mendirikan/membangun (construction) plant tersebut.

Profesional EPC terkadang disebut juga sebagai ‘integrator’ karena EPC lah yang menjembatani dan mengkordinasikan seluruh bagian yang terkait dalam pembangunan suatu plant; mulai dari licensor (yang memiliki lisensi), vendor (yang menjual barang), shipper (yang mengirim barang), bahkan sampai operator (yang mengoperasikan plant).

Ir Teten Derichar selaku ketua Iluni FTUI menyampaikan penghargaan setingginya kepada Pimpinan FTUI juga pihak Intergraph selaku Sponsor utama kegiatan ini sekaligus mengapresiasi antusiasme ratusan hadirin yang mengikuti program arahan yang digarap secara Kolaboratif antara Almamater Center Iluni FTUI dan BEM FTUI yang mengikuti rangkaian kegiatan ini dari awal hingga berakhir disiang hari. (ILUNI FTUI)

Laporan : Askar Triwiyanto, PhD

Sumber : http://iluniteknik.org/article/iluni-ftui-gelar-short-course-bekal-dunia-profesi-epc

FacebookTwitter