id
id

ILUNI FTUI Talks #3: Launching Aplikasi Silo

Pada Rabu, (30/3) lalu, Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (Iluni FTUI) mengadakan webinar Iluni Talks #3 bertajuk “Beyond Iluni FTUI 5.0 and Iluni FTUI Social Media Aplikasi Silo Launching”.

Dalam sambutannya, Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah mengatakan, “Digitalisasi dan platform sosial media merupakan media primer dan alat komunikasi masa ini. Selain itu, penting untuk FTUI melakukan transformasi digital, salah satunya melalui Silo. Semoga Silo dapat memberikan Impact bagi mahasiswa dan Iluni FTUI ke depannya.”

“Alhamdulillah kita bisa launching aplikasi untuk Iluni FTUI yang bernama Silo. Mudah-mudahan aplikasi ini dapat menjadi tempat untuk bersinergi. Dengan jumlah alumni yang cukup banyak, jadi dibutuhkan aplikasi yang dapat mencakup semua alumni. Oleh karena itu, kita membuat aplikasi Silo. Selain konektifitas, kita juga perlu database dari alumni. Saya harap aplikasi dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi kita semua” kata Bang Nanang, Ketua Iluni FTUI.

Webinar ini menghadirkan salah satu alumni Teknik Mesin FTUI ’96, Gunawan Susanto. Beliau kini menjabat sebagai Country General Manager Amazone Web Service (AWS) Indonesia. Berdasarkan pengalamannya melakukan transformasi digital di AWS, hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah customer.

“Amazon mulanya hanya menjual buku dan  CD. Lalu, kami merambah penjualan dan bidang lain sebagai bentuk inovasi kami. Transformasi dan inovasi yang dilakukan mungkin akan tampak berbeda di mata orang lain. Hal itu terjadi oleh AWS yang pada mula berdirinya diremehkan. Namun seiring berjalannya waktu, kini AWS telah menjadi salah satu perusahan dengan pendapatan terbesar” kata Gunawan.

Selanjutnya, Beliau menambahkan dalam transformasi beberapa aspek penting diperlukan. Pertama adalah kultur. Membangun kultur yang akan diterapkan oleh organisasi. Kedua, membuat mekanisme yang jelas. Tahapan untuk berubah dari satu titik ke titik lain harus disiapkan. Ketiga, People atau organisation, hal ini bermaksud untuk membentuk organisasi yang mengikuti era dan stable. Nantinya, saat ketiga aspek tersebut berjalan matang, transformasi dalam bidang teknologi akan mengikuti.

Malna Wildahta, alumni Teknik Sipil FTUI ’14 yang bertanggung jawab sebagai Team Leader Silo App menjelaskan bahwa Silo sebagai akronim Sistem Informasi Iluni FTUI Online.

Silo didirikan dengan tujuan untuk kolaborasi. Istilah Silo adalah manifestasi dari pengingat dan harapan. Silo merupakan platform untuk menyatukan tujuan dan memperkuat koneksi untuk mewujudkan  pencapaian lain” kata Malna.

Melalui Silo, mahasiswa FTUI dapat berbagi ke pengguna, layaknya mengunggah di sosial media. Pengguna dapat berbagi informasi, memulai diskusi, memposting video. Dengan harapan, obrolan mahasiswa dan alumni FTUI tersebut terasa seperti nongkrong di Kantin Teknik (Kantek).

Tak hanya sebagai sarana komunikasi, melalui Silo pengguna dapat mencari dan berbagi pekerjaan. Alumni diharapkan dapat membantu lulusan baru untuk menemukan pekerjaannya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X