id
id

Inovator, Start-Up, dan Mitra Fakultas Teknik Universitas Indonesia Raih Penghargaan UI Innovation Award 2022

Universitas Indonesia (UI) menganugerahkan penghargaan kepada inventor, start up, dan mitra, yang dinilai memberikan dampak besar bagi masyarakat. Beberapa inventor dan start-up FTUI berhasil meraih penghargaan untuk beberapa kategori. Salah satu mitra industri yang memproduksi secara komersial hasil karya inovasi inventor FTUI juga meraih penghargaan pada ajang penghargaan ini.

Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer dari Departemen Teknik Mesin FTUI meraih penghargaan untuk kategori “Inventor dengan Dampak Sosial Terbesar”, penghargaan diberikan atas karyanya Inkubator Bayi. Beliau merancang inkubator rumahan yang dapat digunakan oleh orang tua bayi di rumah. Saat ini, sudah ribuan bayi prematur di seluruh Indonesia yang telah merasakan manfaat inkubator bayi cipataan beliau melalui Yayasan Bayi Prematur Indonesia.

Tim Bus Listrik UI yang diketuai Prof. Dr. Ir. Danardono Agus Sumarsono, DEA., PE., meraih penghargaan kategori “Inventor dengan Invensi untuk Mitigasi Perubahan Iklim.” Bis yang telah diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah (10/06) untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20. Bus ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang rancang bangun platform chassis-nya, sistem penggerak, sistem rem, sistem kendali, inverter, dashboard, dan sistem pendinginnya (air conditioning) dirancang oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri.

Ventilator UI, Covent-20 yang merupakan hasil inovasi Tim Ventilator UI berhasil meraih penghargaan untuk kategori “Inventor dengan Nilai Royalti Lisensi Kekayaan Intelektual Terbesar.” Dr. Basari, S.T., M.Eng. mewakili tim menerima penghargaan pertama. COVENT-20 adalah Ventilator Transport Lokal Rendah Biaya yang dikembangkan oleh Tim Ventilator UI untuk membantu memenuhi kebutuhan ventilator dalam negeri saat pandemi Covid-19.

Saat ini Ventilator UI, Covent-20 telah diproduksi secara komersial dengan menggandeng CV Bartec Utama Mandiri sebagai mitra bisnis. Pada 07 Juni 2022 yang lalu, CV Bartec menyerahkan royalty hasil penjualan 3 bulan pertama Covent-20 kepada UI dengan nilai ratusan juta rupiah. Hal ini membuat Bartec Group mendapatkan penghargaan sebagai “Mitra Bisnis dengan Pembayaran Royalti Terbesar.” Penghargaan diterima oleh Hadi Pranoto, S.T. yang mewakili Bartec Group.

UI Innovation Award 2022 didasarkan pada upaya UI sebagai lembaga akademik untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan sivitas akademika UI melalui kualitas dan kuantitas produk riset dan inovasi UI. UI sebagai lembaga pendidikan juga memiliki tanggung jawab dalam penciptaan ekosistem inovasi yang didukung dengan banyaknya sumber daya manusia andal. Oleh karena itu, UI mencanangkan Bulan Inovasi sebagai kegiatan rutin tahunan untuk mendukung dan memberikan wadah kepada para inventor, perusahaan rintisan (start-up), serta mitra industri di UI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X