FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Seminar Series FTUI tanggal 12 September 2018 dengan topic “Low Cost, Abundant and Solution Processed Materials for Future Solar Energy Harvesting Device”. Seminar series kali ini menghadirkan Assoc Prof. Lydia Helena Wong dari School of Materials Science and Engineering, Nanyang Technological University-Singapore. Prof. Lydia memiliki 2 topik bahasan yaitu mengenai sistem Solar Cell dan juga From Natural to Artificial Photosynthesis.

Pada 14 dan 15 Maret 2018, FTUI seminar series menghadirkan pembicara Fabia Miorelli dan Aurea Sole Carulla dari Innoenergy tentang proyek energi berkelanjutan di Pulau Sumba dimana Innoenergy mencoba untuk membantu kelangkaan energi di Pulau Sumba. Innoenergy mencoba mencapai status 100% energi terbarukan dalam proyek Sonia Iconic Island (SII).

Di tanggal 15 Maret 2018, FTUI Seminar Series menghadirkan Dr. Amy Kim dari Department of Construction and Environmental Engineering, University of Washington. Dr. Amy Kim membawakan presentasi mengenai Implikasi Proses Pengukuran dan Verifikasi Standar Bangunan Sehat Terbaru. Kebutuhan akan desain dan konstruksi bangunan yang berkelanjutan telah memunculkan pentingnya sistem rating bangunan hijau dan sehat.

International Joint Workshop, UI UF CU Eco-City Live Project 2018: Global Studio and Workshop in Green Urbanism. Kegiatan Global Studio and Workshop ini melibatkan mahasiswa dan staf pengajar dari tiga universitas: Cardiff University (Inggris), University of Florida (Amerika Serikat), dan Universitas Indonesia (Fakultas Teknik). Riset dan projek yang diusulkan berkaitan dengan topik mengenai kota keberlanjutan dengan isu polusi udara, mobilitas, meningkatkan/mengimplementasikan infrastruktur hijau, pengelolaan air, penyediaan makanan, dan/atau kesehatan serta isu kesejarahan dan budaya.

Pada hari Kamis, 25 Januari 2018, Prof. Christopher Silver dari School of Design, Construction and Planning University of Florida memberikan Kuliah Umum dengan judul “Seeking the Green, Sustainable and Equitable Megacity: Some Reflection on Jakarta’s Planning” yang diadakan di Ruang Auditorium K 301 Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Kegiatan Seminar Series yang rutin dilakukan oleh FTUI. Topik yang sering disampaikan adalah terkait dengan lingkungan, energi, dan kerbelanjutan.
 
International Tropical Renewable Energy Conference (i-TREC) yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2016 memiliki kekhususan lingkup pada pengembangan energi terbarukan.
 
 
Sosialisai kampus kepada mahasiswa untuk mendorong penggunaan botol minum dan mengisi ulang di Water Drinking Fountain yang sudah disediakan oleh FTUI.