id
id

Kembali Beroperasi Setelah 2 Tahun, Kantek FTUI Pastikan 22 Tenant Telah Lulus Uji Higienis

Setelah tidak beroperasi selama kurang lebih 2 tahun akibat dampak Pandemi Covid-19, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali bersiap membuka Kantin Mahasiswa Teknik (Kantek) FTUI.  Pada awal tahun 2022, dibawah koordinasi Unit Kerjasama, Ventura dan Alumni, Kantek FTUI telah melaksanakan Seleksi Calon Tenant Kantin Mahasiswa Periode Tahun 2022 secara terbuka untuk umum. Dari seleksi tersebut, terpilih 22 Tenant yang memenuhi persyaratan Administrasi dan Lulus Uji Higienis Menu di Laboratorium Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Hasil seleksi dan persiapan pembukaan kembali Kantek FTUI, disampaikan pada acara Sosialisasi Hasil Uji Higienis Menu dan Protokol Kesehatan Covid-19 Kantin Mahasiswa yang diselenggarakan di di Gedung Dekanat FTUI (22/03). Bekerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Lingkungan FKM UI, acara sosialisasi ini diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dibuka oleh Dr. Ing. Ir. Dalhar Susanto (Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni FTUI), acara tersebut turut dihadiri oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU (Dekan FTUI), Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. (Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum), para tenant Kantek FTUI serta perwakilan Mahasiswa dari Sosling BEM FTUI. Hadir sebagai narasumber Dr. Ema Hermawati, S.Si., MKM (Kepala Laboratorium Kesehatan Lingkungan FKM UI), Nurina Imannisa, A.Md.A.K (Laboran FKM UI) dan Ajib Setyo Arifin, ST, MT, Ph.D. (Manajer SDM dan Fasilitas FTUI).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para civitas akademika dan tenant kantin terkait tata kelola administrasi pemanfaatan asset/sewa ruang, teknis penyajian menu yang higienis sesuai standar kesehatan pangan hingga protokol kesehatan dalam beraktifitas di lingkungan kantin. Diharapkan Kantek dapat mewujudkan layanan penyediaan makan/minum yang tertib dan higienis bagi seluruh sivitas akademika terutama dalam situasi pandemi seperti ini,” kata Dekan Heri.

Uji Coba Layanan dan Prokes Kantin FTUI di masa Pandemi Covid19 dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret s/d 1 April 2022. Selama masa uji coba layanan 13 dari 22 tenant yang telah dinyatakan lulus persyaratan administrasi dan lulus uji higienis menu telah membuka layanan di Kantek FTUI. Berdasarkan hasil pantauan, cukup banyak mahasiswa, dosen dan karyawan yang membeli makan di Kantek. Kantek akan tutup selama bulan Ramadhan dan akan kembali buka setelah libur lebaran usai atau menyesuaikan dengan jadwal kegiatan mahasiswa FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X