id
id

Kembali Laksanakan Capacity Building untuk Tenaga Kependidikan, FTUI Perkuat Kekompakan Sambut New Normal

Capacity Building adalah salah satu agenda tahunan yang diadakan oleh Fakultas Teknik UI dengan tujuan untuk meningkatkan kekompakan, keakraban, dan kebersamaan karyawan FTUI. Tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 22-23 Agustus, Capacity Building FTUI kembali dilaksanakan di Provinsi Bali dengan jumlah peserta mencapai 193 orang yang berasal dari 7 Departemen, dan berbagai Unit Kerja, serta Ventura di lingkungan FTUI.

Kegiatan Capacity Building tahun 2022 ini terasa spesial karena baru diadakan kembali setelah 2 tahun sempat terhenti karena pandemi. Perjalanan dari Jakarta-Bali ditempuh dengan menggunakan transportasi udara. Rombongan dibagi menjadi 6 grup maskapai penerbangan yang berbeda dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc.; dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. beserta jajaran pimpinan fakultas dan departemen FTUI lainnya, turut hadir dalam kegiatan Capacity Building ini.

Rombongan tiba di Bali sekitar pukul 10.00 WITA, kemudian berangkat menuju Nasi Tempong Indra untuk makan siang dengan menggunakan 6 bus dan 2 Hiace. Seusai makan siang, rombongan menuju Tanah Lot untuk mengikuti kegiatan Capacity Building. Kegiatan dimulai dengan ice breaking dan dilanjutkan dengan permainan-permainan yang memerlukan kekompakan dan kerjasama yang baik antar anggota tim. Beberapa permainan yang dilangsungkan antara lain melewati jaring-jaring tali, mengangkat bola tennis dengan tali, membuat jalur jembatan dari papan kayu, dan lomba balap terpal.

Pada pukul 16.30, permainan selesai dan acara dilanjutkan dengan istirahat serta makan malam di restoran De Jukung Tanah Lot. Acara makan malam dimeriahkan dengan nyanyian, doorprize, dan penyampaian aspirasi tendik dalam agenda rutin Dekan Menyapa Tendik.

Saat memberikan sambutan, Prof. Heri menyampaikan motivasi semangat untuk terus memberikan kontribusi yang unggul dan berdampak untuk FTUI, “Jika diibaratkan, tendik itu seperti mozaik penyusun tombak. Mungkin orang melihat hanya ujung tombak nya saja, padahal di balik tombak tersebut ada gagang tombak, sekrup, dan bagian lainnya yang masing-masing memiliki peran istimewa di dalamnya. Maka dari itu, setelah acara ini mari kita bersama-sama menyongsong era baru, era new normal, dan mari kita memberikan keunggulan sehingga fakultas teknik menjadi lebih baik lagi.”

Di tengah berlangsungnya acara makan malam, FTUI memberikan penghargaan purnabakti sekaligus pelepasan lima orang tenaga kependidikan yang tahun ini memasuki masa pensiun. Disampaikan langsung oleh Dekan dan pimpinan langsung unit tempat tendik tersebut mengabdi, penghargaan ini merupakan ucapan terima kasih dari FTUI kepada para tendik atas kontribusi mereka di Fakultas Teknik UI. Adapun lima orang tendik tersebut adalah:

  1. Bapak Subali dengan masa kerja 24 tahun,
  2. Wahyudi Hidayat dengan masa kerja 27 tahun,
  3. Budi Pribadi dengan masa kerja 22 tahun 7 bulan,
  4. Herry Purwanto, S.Sos dengan masa kerja 31 tahun 6 bulan, dan
  5. Eko Prihanto, S.Sos. dengan masa kerja 27 tahun 8 bulan

Pada hari ke dua, rombongan berangkat menuju destinasi wisata Desa Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli. Menjelang siang, perjalanan dilanjutkan menuju rumah makan bebek Joni untuk makan siang. Setelahnya, rombongan berbelanja oleh-oleh di pusat perbelanjaan Krisna sebelum akhirnya menuju bandara untuk kembali pulang ke Jakarta.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X