Pada Senin, (6/01/2020) Fakultas Teknik UI kembali menganugerahkan gelar Doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Indri Hapsari. Melalui disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Fleksibel Team Orienteering Problem with Time Windows dan Metode Adjustment Iterated Local Search Untk Rute Perjalanan Pariwisata”, Indri Hapsari resmi menjadi Doktor dari Departemen Teknik Industri FTUI, dan merupakan doktor ke-3 dari Departemen Teknik Industri FTUI. Mahasiswa yang juga merupakan staf pengajar tetap di Departemen Teknik Industri Universitas Surabaya, ini telah lulus dengan predikat cumlaude dengan memperoleh IPK 3,98.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Ir. Isti Surjandari, M.T., M.A., Ph.D. dan ko-promotor Dr. Komarudin, ST., M. Eng. ini bertujuan untuk Pengembangan model rute perjalanan pariwisata dengan Metode Flexibel Team Orienteering Problem with Time Windows (FTOPTW) dengan menggunakan data yang terkait dengan destinasi wisata di Jawa Timur. Penggunaan kata “fleksibel” terkait dengan pengembangan model yang mengakomodasi pilihan waktu kedatangan, lokasi awal dan akhir yang berbeda, serta batasan hari operasional destinasi wisata. Model juga bertujuan mencapai dua hal, yaitu maksimum skor dan minimum waktu.

Penyesuaian metode Iterated Local Search (Adjustment ILS atau AILS) terhadap model FTOPTW dibutuhkan untuk memberikan hasil yang optimal dengan waktu yang lebih singkat. Waktu yang lebih singkat menjadi prioritas karena metode ini digunakan wisatawan yang memerlukan kecepatan proses. Perancangan sistem rekomendasi pendukung yang mengintegrasikan model FTOPTW dan metode AILS sebagai sistem rekomendasi pariwisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan atas pembentukan rute perjalanan pariwisata yang layak dan cepat.

Terdapat dua manfaat yang diberikan dari penelitian ini, yaitu manfaat “1 teoritis dan praktis. Dari manfaat teoritis diperoleh model perencanaan perjalanan yang lebih fleksibel dengan penambahan batasan dan pilihan. Model ini menggunakan metode heuristik dan local search yang disesuaikan agar didapatkan hasil yang optimal dan lebih efisien. Untuk manfaat praktis, sistem rekomendasi rute perjalanan pariwisata ini dapat digunakan oleh wisatawan yang berkunjung ke provinsi Jawa Timur. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, diharapkan animo wisatawan untuk menjelajah kekayaan destinasi wisata provinsi Jawa Timur menjadi bertambah, jumlah wisatawan domestik yang berkunjung makin meningkat, dan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

FacebookTwitter
X