enid
enid

Komite MBKM FTUI Siap Kawal Pelaksanaan MBKM bagi Mahasiswa FTUI

Rapat pertama Komite Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dilaksanakan pada Kamis, 3 Februari 2022 yang lalu. Rapat pertama ini membahas Prosedur Operasional Baku (POB) Pelaksanaan MBKM untuk Mahasiswa FTUI, Persyaratan umum MBKM bagi mahasiswa serta bentuk luaran, jenis asesmen dan proses transfer kredit bagi pelaksanaan MBKM di FTUI.

Rapat perdana ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Kepala Unit Modirpen, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Manajer Pendidikan, Dr. Nyoman Suwartha, ST., MT., MAgr., dan perwakilan dari masing-masing departemen yang telah ditunjuk sebagai anggota Komite MBKM FTUI.

Komite MBKM FTUI sendiri diinisiasi oleh Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan (MODIRPEN) berkoordinasi dengan Manajer Pendidikan FTUI. “Modirpen FTUI merupakan unit think tank yang membantu merumuskan POB dan dokumen lainnya untuk mendukung pelaksanaan MBKM di FTUI termasuk bagaimana proses asessmen, proses transfer kredit MBKM dan dokumen apa yang diperlukan terkait kerja sama dengan lembaga mitra,” ungkap Prof. Harinaldi.

Saat ini ada dua belas program MBKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa FTUI: Pertukaran Pelajar (mahasiswa ke luar negeri), Program Bangkit, Kampus Mengajar, Studi Independen GERILYA, Magang/Praktik Kerja Industri, Membangun Desa, Pejuang Muda Kampus Merdeka, Proyek Kemanusiaan, Riset/Penelitian, Studi/Proyek Independent, dan Wirausaha. FTUI sendiri memiliki kewajiban memenuhi Kontrak Kinerja terkait MBKM yaitu 10% mahasiswa FT melaksanakan MBKM dengan bobot minimal 20 sks di luar kampus.

“Hingga akhir Tahun Ajaran Semester Gasal 2021/2022 tercatat lebih dari 1000 (17.41%) mahasiswa FTUI yang telah mengikuti program MBKM. Program-program yang mereka ikuti seperti program MSIB, Bangkit, Pejuang Muda, IISMA dan magang di Pertamina serta menerima mahasiswa program MBKM dari universitas lain,” ungkap Dr. Nyoman.

Pada pertemuan ini juga dilakukan evaluasi program MBKM yang telah berjalan dan menampung semua saran serta masukan dari anggota komite secara hybrid untuk menjadi bahan pertimbangan perumusan POB MBKM di FTUI.

 

***

Biro Komunikasi Publik

Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X