FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

PPI Tokodai (Persatuan Pelajar Indonesia Tokyo Institute of Technology) akan mengadakan kompetisi karya tulis untuk mahasiswa sarjana maupun diploma (D3/D4/S1) yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia dengan tajuk “Tokyo Tech Indonesian Commitment Award (TICA) 2016“.  Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Sustainable Development”. Kompetisi ini kami adakan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan riset mahasiswa di seluruh Indonesia.

Pada tahun ini, TICA terbagi menjadi 3 cluster yang dapat diikuti oleh peserta yaitu:

  1. Science dan Engineering

Penelitian ilmiah yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan dari sudut pandang sains dan teknik. Mahasiswa program studi sains dan teknik dipersilakan untuk mendaftar di cluster ini.

  1. Management dan Social

Aspek manajemen dan sosial memberikan kontribusi besar untuk pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, kami juga membuka peluang bagi mahasiswa dari program studi manajemen dan social

  1. Creativity Enhancement

Tema ini terinspirasi dengan semangat Monozukuri bangsa Jepang yang secara harfiah berarti ‘memproduksi’. Pada cluster ini, setiap peserta diminta untuk menuangkan hasil penelitian mereka yang terkait dengan pembangunan berkelanjutan melalui sebuah prototype. Peserta dari program studi apapun dapat mendaftar pada cluster ini.

Syarat dan Ketentuan

Semua mahasiswa D3, D4, S1 Indonesia atau mahasiswa D3, D4, S1 yang baru lulus pada tahun 2016 diperkenankan untuk mengikuti kompetisi ini. Selain itu karya yang dikirim harus sesuai dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Konten. Paper akan dinilai dari kesesuaian topik, isi teknis, penggunaan metode saintifik, dampak potensial untuk teknologi di Indonesia, kebaruan.
  • Originalitas. Setiap paper harus orisinil dan merupakan karya dari penulis. Karya yang sudah pernah dipublikasikan tidak diperkenankan

Dalam kompetisi ini, peserta terbaik dari setiap cluster akan diundang untuk menghadiri acara utama TICA 2016 di kampus Tokyo Institute of Technology, Tokyo-Jepang untuk mempresentasikan karyanya dan menerima penghargaan (transportasi dan akomodasi akan ditanggung oleh panitia sepenuhnya).  Info lebih detail mengenai TICA 2016 dapat dilihat pada poster terlampir.

Periode pendaftaran peserta dan pengumpulan karya tulis TICA 2016 adalah 11 April – 5 Juni 2016.

Pengiriman karya dilakukan secara online melalui website:

http://tica2016.ppi-tokodai.net/

Adapun video teaser yang menggambarkan acara TICA 2016 dapat dilihat pada link berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=1aN1fIwFv3c

TICA2016