FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Pada hari Kamis, 25 Januari 2018, Profesor Christopher Silver dari School of Design, Construction and Planning University of Florida memberikan Kuliah Umum dengan judul “Seeking the Green, Sustainable and Equitable Megacity: Some Reflection on Jakarta’s Planning” yang diadakan di Ruang Auditorium K 301 Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Kuliah Umum tersebut membahas mengenai perkembangan Jakarta dari Kota-Air menjadi Megacity. Kuliah Umum ini merupakan bagian dari acara inagurasi dalam rangka penunjukkan Profesor Christopher Silver sebagai Adjunct Professor di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pengangkatan Profesor Christopher Silver sebagai Adjunct Professor ini diharapkan memperkuat program Internasionalisasi di UI dan mendukung riset-riset terkait Perencanaan dan Perkembangan Kota yang Berkelanjutan di Indonesia. Penyerahan Sertifikat Adjunct Professor diberikan oleh Wakil Dekan FTUI Bapak Dr. Ir. Muhammad Asvial.

Profesor Christopher Silver, Ph.D., FAICP dari Departemen Urban dan Perencanaan Regional, University of Florida menjalani tiga tahun sebagai penasihat pengembangan kota untuk Indonesia di BAPPENAS di bawah agency Amerika Serikat untuk proyek perkembangan international. Pengalamannya yang pertama di Indonesia dimulai dari tahun 1989 dengan Fullbright Senior Lectureship di Universitas Indonesia; sebuah pengalaman yang terus berlanjut dengan riset yang fokus pada perkembangan kota dan desentralisasi di Indonesia. Beliau diangkat sebagai presiden dari Association of Collegiate Schools of Planning dan juga editor dari Journal of Planning History.

Sebagai seorang akademisi, Profesor Silver telah menulis artikel, bab buku, ulasan, presentasi, dan juga buku mengenai perencanaan dan pengembangan kota, seperti “Planning the Megacity: Jakarta, Indonesia in the Twentieth Century” (Routledge, 2008). Selama tiga tahun terakhir ini (2015 – 2017), Beliau menjadi inisiator dalam Riset kolaborasi Tripartit yang melibatkan kampus dari tiga Benua yaitu Departemen Arsitektur FTUI (Asia), Department of Geography and Planning Cardiff University (Eropa) dan Department of Urban and Planningg University of Florida (Amerika). Riset kolaborasi ini mengangkat isue tentang ‘Air’ (water) sebagai upaya Inisiatif Global dalam rangka mencari pendekatan baru dalam bidang Pembangunan Kota khususnya terkait Infrastruktur Hijau (Green Urbanism). Saat ini Beliau aktif mendukung Program Riset Smart City di UI yang berhasil mendapat Hibah SHERA dari USAID. (Dep. Ars)