FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Kursus Singkat “Riset 5G di Era Internet of Things (IoT)” Departemen Teknik Elektro FTUI

Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia mengundang Prof. Ray-Guang Cheng sebagai pembicara untuk kursus singkat tentang “Merintis Riset 5G di Era Internet of Things (IoT)”, pada 18 – 19 Juli 2018. Tujuan dari seminar ini adalah untuk mendorong orang-orang tentang penelitian 5G di IoT. Seperti yang kita ketahui bahwa 5G masih dikembangkan di Indonesia dan belum lagi bahwa IoT adalah topik terpanas dalam keahlian teknologi saat ini. Kursus singkat ini diadakan selama kunjungan Prof. Ray-Guang Cheng untuk Program World Class Professor (WCP) 2018 untuk kolaborasi penelitian dengan tim peneliti di UI yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MSc. MM. Ia mengunjungi Departemen Teknik Elektro selama 2 minggu sejak 15 Juli 2018.

Profesor Ray-Guang Cheng adalah profesor penuh yang terkenal dari Departemen Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Sains dan Teknologi Taiwan (NTUST), Taiwan. Beliau adalah pemegang penghargaan IEEE Wireless Communication Professionals dan banyak penghargaan dan pengakuan global lainnya.

Hari pertama kursus singkat, yang diadakan di Ruang Multimedia gedung Departemen Teknik Elektro dimulai dengan obrolan singkat untuk memotivasi mahasiswa dengan menceritakan pengalaman pribadinya saat menjadi mahasiswa. Profesor Cheng mengajari banyak tentang pengalaman hidup terutama sebagai mahasiswa, beliau bercerita tentang pekerjaan sebelumnya sebelum menjadi Profesor. Setelah bincang-bincang dan hal-hal lainnya, Profesor mulai memberi tahu kami topik tentang 5G dan IOT. Beliau memberikan penjelasan tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem IoT dan bagaimana protokol komunikasi berfungsi di Sistem IoT tersebut.

Pada hari ke-2, Dia memberi tahu kami tentang proyek yang sedang dia kerjakan atau dia kerjakan di Universitasnya, NTUST. Dia memaparkan tentang detail tentang proyek saat ini beliau kerjakan tentang Open AirInterface 5G. Dia juga memaparkan tentang cara membuat sistem dan detail masalah pada proyek, dan masalah yang saat ini dia hadapi dalam proyek tersebut.