id
id

Launching Buku Profil Publikasi Jurnal Internasional FTUI

Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat FTUI yang dipimpin Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FTUI, Prof. Akhmad Herman Yuwono, M.Phil.Eng mengadakan launching buku “Profil Publikasi Jurnal Internasional FTUI: Capaian 2008-2014 dan Target 2015-2019”. Acara launching diselenggarakan pada hari Selasa, 1 Maret 2016 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI.

Acara dibuka dengan sambutan Wakil Dekan I FTUI Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. M. Asvial, M.Eng. Acara diisi dengan presentasi Capaian Publikasi Jurnal Internasional FTUI 2008-2014 oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FTUI dan dilanjutkan dengan presentasi Target Publikasi Departemen 2015-2020 oleh Tim Publikasi Departemen.

Selepas acara presentasi, acara dilanjutkan dengan penyerahan dokumen oleh Wakil Dekan I FTUI, kepada pimpinan departemen yang terdiri dari Buku Publikasi Jurnal Internasional FTUI: Capaian 2008-2014 dan Target 2015-2020 serta CD Data Base; dan Buku Panduan Singkat: Penulisan Artikel Untuk Jurnal Internasional Berprestasi. Acara penyerahan kemudian dilanjutkan oleh Wakil Dekan II FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Boediono, M.Eng yang menyerahkan Buku Produk Inovasi FTUI kepada para Inventor FTUI serta Pemberian Penghargaan bagi Peserta Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional FTUI 2015.

Adapun tujuan dibuatnya Buku Profil Publikasi Jurnal Internasional FTUI adalah sebagai suatu penuntun (guidance) awal dan penyedia informasi untuk mempermudah sivitas akademika FTUI, yaitu para dosen peneliti dan mahasiswa untuk memproyeksikan jurnal-jurnal internasional bereputasi tinggi sebagai target diseminasi hasil-hasil penelitian mereka, sehingga secara keseluruhan publikasi internasional FTUI akan meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas. Namun demikian, buku ini tidak membatasi pilihan dosen dan mahasiswa untuk mempublikasi hasil tulisan mereka di jurnal-jurnal internasional yang menjadi target preferensi masing-masing individu. Selain itu, buku ini juga ditujukan sebagai suatu starting point bagi penyusunan database publikasi internasional yang terintegrasi dan sinkron baik di dalam internal departemen, maupun antar departemen, fakultas dan universitas, yang akan sangat berguna untuk berbagai keperluan porto-folio termasuk penyusunan rencana strategis institusi, akreditasi nasional (BAN-PT) penilaian internasional (AUN/SEED) dan lain-lain. (Humas FT)

X