Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fakultas yang telah mencetak berbagai penelitian. Penelitian-penelitian ini telah masuk ke berbagai jurnal dan konferensi baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Akan tetapi, berbagai inovasi ini masih jarang direalisasikan dalam skala besar atau masuk ke skala industri. Inkubator Bisnis FTUI bertujuan untuk mengembangkan hasil riset perguruan tinggi di bidang engineering menjadi prototipe yang layak dipasarkan secara nasional maupun internasional. Badan ini memberikan kesempatan bagi para inovator untuk menciptakan prototipe yang memenuhi standar baik secara engineering, ekonomi maupun lingkungan.

Inkubator Bisnis FTUI memposisikan diri sebagai Technology Transfer Office (TTO) yang merupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi riset yang memiliki potensi untuk komersialisasi dan strategi untuk mengembangkannya. Inkubator Bisnis FTUI akan membantu mengawal ide, rancangan dan pekerjaan-pekerjaan perguruan tinggi yang dilakukan melalui proses riset, konstruksi dan produksi untuk dijadikan prototipe yang layak dipasarkan dan aktual diperlukan. Karenanya Inkubator Bisnis FTUI menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Model Bisnis yang bertujuan untuk menyeleksi penelitian-penelitian yang akan direalisasikan dan dipasarkan kedepannya guna menciptakan kesinambungan antara penelitian dan bisnis di Indonesia.

Lokakarya Model Bisnis Hibah Inkubasi yang dilaksanakan oleh Inkubator Bisnis FTUI pada 9 & 16 Juni 2016 merupakan pelatihan bagi ­inventor-inventor di Fakultas Teknik Universitas Indonesia dalam pengembangan bisnis ptototipe yang akan dikomersilkan di masa depan. Lokakarya ini juga merupakan salah satu ajang penjurian dari para ahli ekonomi guna menentukan penelitian yang akan dipilih oleh FTUI. (Inkubator Bisnis FTUI)

FacebookTwitter
X