id
id

Luluskan 384 Wisudawan, FTUI Gelar Wisuda Virtual ke-Empat

Pada wisuda semester ganjil 2021/2022 ini, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menghasilkan 384 lulusan dengan lulusan berpredikat Cum Laude berjumlah 135 orang. Untuk wisuda program Sarjana Reguler/Paralel/Kelas Khusus Internasional, terdapat 233 lulusan dengan lulusan cum laude berjumlah 89 orang. Sementara lulusan Program Pascasarjana (Profesi, Magister dan Doktor) berjumlah 151 dengan lulusan berpredikat cumlaude berjumlah 46 orang. Wisuda FTUI dilaksanakan setelah pelaksanaan wisuda UI dengan wisuda untuk program Pascasarjana di gelar di Jumat, 25 Februari 2022 dan wisuda program Sarjana dilakukan pada Sabtu, 26 Februari 2022.

Pelaksanaan wisuda kembali diselenggarakan secara hybrid mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Pelaksanaan secara hybrid dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dimana seluruh tamu undangan dan panitia wisuda menjalani swab antigen sebelum pelaksanaan. Hadir secara langsung pada acara wisuda Fakultas, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., kedua Wakil Dekan FTUI, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar Fakultas, Ketua Senat Akademik Fakultas, para Ketua Departemen, Ketua ILUNI FTUI, Ketua BEM dan MPM FTUI, dan perwakilan wisudawan.

Dekan Heri menyapa para wisudawan dan keluarga pada wisuda virtual pertamanya sejak menjabat sebagai Dekan pada awal tahun 2022. “Saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung dan FTUI harus hidup beradaptasi dan berdamai dengan kondisi yang ada untuk tetap menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Show must go on, dan wisudawan menjadi penanda bahwa di masa pandemic proses Pendidikan tinggi tetap berjalan dan menghasilkan output SDM yang kompetitif untuk pembangunan.”

Pada sambutannya, Dekan Heri menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi perubahan jaman dan persaingan global kedepannya, FTUI terus menata dirinya menjadi FTUI yang Unggul dan Berdampak sehingga mampu mengatasi tantangan jaman dengan cara yang inovatif, unggul, serta berwawasan jauh ke depan. FTUI melanjutkan transformasi membangun Enterpreneur FTUI yang Unggul Berdampak Tinggi melalui Kolaborasi Interdisiplin berbasis Produktivitas untuk Mewujudkan FTUI yang Unggul dan Berdaya Saing Global.

Tiga unit baru FTUI, Unit Wirausaha Inovasi, Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan dan Unit Internasionalisasi dan Modernisasi Pendidikan juga diperkenalkan pada sambutan tersebut. “Untuk mencapai visi tersebut dalam 4 tahun kedepan, tiga strategi besar disiapkan yaitu, Penguatan Entrepreneurship Keteknikan (Empowering Engineering Entrepreneurship), Peningkatan Kualitas Riset Inovasi, Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat Berdampak Tinggi (Impactful Research and Innovation), dan Modernisasi Pendidikan Keteknikan yang Berdampak Tinggi (Modernization of Engineering Education). Untuk mendukung implementasinya, disiapkan tiga unit khusus yang untuk empat tahun kedepan akan mengawal program-program pengembangan Entrepreneur FTUI,” kata Dekan Heri.

Pada wisuda kali ini, ijazah dan transkrip nilai diserahkan secara langsung oleh Dekan FTUI kepada tiga perwakilan wisudawan untuk masing-masing wisuda program sarjana dan wisuda program pascasarjana. Perwakilan wisudawan yang menerima ijazah dan transkrip nilai secara langsung adalah sebagai berikut:

  • Perwakilan Wisudawan Program Sarjana Reguler: Adella Josephin (Teknik Biomedik)
  • Perwakilan Wisudawan Program Sarjana Paralel: Yudhistira Josua Untung Mangasi (Teknik Metalurgi dan Material)
  • Perwakilan Wisudawan Program Sarjana Kelas Khusus Internasional: Joel Andreas Martua Sianturi (Arsitektur).
  • Perwakilan Wisudawan Program Profesi: Adam Yuta Prayoga (Profesi Insinyur)
  • Perwakilan Wisudawan Program Magister: Fitria Ariani (S2 Teknologi Biomedis)
  • Perwakilan Wisudawan Program Doktor: Martha Leni Siregar (S3 Teknik Sipil)

Wisudawan lainnya juga dapat mulai mengambil ijazah dan transkrip nilai bersamaan dengan pelaksanaan wisuda di Gedung Pusat Administrasi Fakultas.

Selamat kepada seluruh wisudawan!

Wisuda bukan akhir dari perjuangan, justru awal perjuangan anda dalam menata karir kedepan. Berjuang, berjejaring, berdinamika. Jadilah alumni-alumni yang unggul dibidangnya masing-masing. Warnai kemajuan negeri ini. Jadilah alumni FTUI yang Unggul dan Berdampak bagi bangsa ini dimanapun anda berada nantinya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X