Tim Juara 1

Sekelompok mahasiswa angkatan 2012 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang terbentuk dalam sebuah tim bernama TIM ACHALESVARA UI menambahkan satu daftar prestasi lagi bagi Universitas Indonesia dalam kompetisi Lomba Beton Mutu Tinggi Trisakti 2015. Tim yang terdiri dari 2 orang mahasiswi yaitu Ingrid Rosalyn Indriana S. (kiri) dan Erinda Pandu Purnamasari (kanan) serta 1 orang mahasiswa yaitu Elia Benny Virginia S. (tengah) ini meraih Juara I dalam perlombaan tersebut yang diadakan pada tanggal 20 Maret 2015 hingga 6 April 2015 di Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

Tim yang diketuai oleh Ingrid Rosalyn Indriana S. (kiri) ini menawarkan inovasi pembuatan beton mutu tinggi menggunakan 12% (dari bahan sementisius) Fly Ash (Abu Terbang) dan 8% (dari bahan sementisius) Silica Fume (Bubuk Silika) dalam campuran beton mereka. Dan bahan-bahan tersebutlah yang mengantarkan tim ini meraih posisi pertama diantara sepuluh tim lainnya yang berasal dari ITS, UNDIP, UPH, UNPAK dan ITENAS setelah melalui berbagai tahapan yaitu presentasi makalah dan video serta pengecoran secara langsung di Universitas Trisakti.

Kriteria beton yang ditentukan oleh panitia dan tim juri adalah beton mutu tinggi yang ekonomis dan dapat digunakan secara massal. Dari hasil uji tekan, beton Tim Achalesvara mendapatkan hasil sebesar 68 MPa pada umur beton 28 hari. Hasil tes tekan yang tinggi ini juga dilengkapi dengan nilai ekonomis karena menghemat biaya sebesar 15% dari harga beton ready mix yang ada dipasaran. Dengan bimbingan Dr. Ir. Elly Tjahjono, DEA maka Tim Achalesvara berhasil meraih Juara I dalam “Lomba Karya Ilmiah Beton C.E.T.A. Trisakti 2015”. (KMAV FTUI)

FacebookTwitter