id
id

Mahasiswa FT UI menjadi Best Presenter Konferensi Internasional ATCES 2019

Mahasiswa FT UI, Radifan Faiz Irsyadi (PT 2015), telah berhasil meraih Best Presenter dalam ajang Konferensi Internasional Aerospace Technology Communications and Energy Systems (ATCES) 2019.

Radifan mempresentasikan sebuah paper berjudul “Derated Thrust: Method Analysis for Optimizing Turbofan Engine Takeoff Performances (SFC,EGT) Due to Lower Maximum Takeoff Weight (MTOW) Requirement”. Paper tersebut membahas mengenai analisa performa pesawat dari High Bypass Ratio Turbofan Engine dari jenis pesawat Long Range Wide Body Twin-Engine ketika fase take off. Analisa berfokus pada penerapan metode Reduced Takeoff Thrust, di mana kelebihan daya dorong pesawat dapat dikurangi berdasarkan kebutuhan pesawat untuk lepas landas. Penggunaan Reduced Takeoff Thrust (derate & assumed temperature) dapat meningkat thermal dan propulsive efficiency sehingga suhu dalam mesin pesawat rendah (terutama EGT), konsumsi bahan bakar ketika takeoff lebih rendah, dan memperpanjang umur mesin.

ATCES 2019 adalah forum internasional untuk mempresentasikan kemajuan teknologi dan hasil penelitian di bidang teknologi dirgantara, komunikasi, dan penelitian sistem energi. Peneliti yang mengikuti ATCES 2019 dapat berbagi pengalaman berharga dengan ilmuwan dan cendekiawan dari seluruh dunia. Konferensi ATCES 2019 diselenggarakan pada tanggal 26-29 September 2019 di Nanjing, China.

X