Tiga mahasiswa FT UI berhasil meraih juara 1 LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Nasional Maritime Festival 2019 yang diadakan oleh Universitas Diponegoro. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Michael Ahli (T. Kapal 17), Virginia Avrilla (T. Lingkungan 17), dan Jilan Athaya Lubis (T. Lingkungan 17). Juara kompetisi ini diumumkan pada 20 Oktober 2019.

Tema yang diangkat dalam LKTI ini adalah “Less Plastic, Save Our Sea”. Tim FT UI mengusung karya tulis yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi Mikrofilter untuk Mengurangi Kandungan Mikroplastik dalam Air Limbah Domestik”. Pencetusan ide ini dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah mikroplastik yang sulit diurai.

Penelitian ini berfokus pada mikroplastik berupa microfiber yang dihasilkan dari proses pencucian pakaian menggunakan mesin cuci. Agar microfiber tersebut tidak mencemari perairan, maka tim ini merancang filter berupa blok karbon yang diletakkan pada outlet mesin cuci. Dengan adanya blok karbon ini, mikroplastik dapat tersaring sebelum mencapai saluran drainase.

Maritime Festival 2019 merupakan acara Pekan Ilmiah Nasional Riset dan Teknologi (PINISI) yang berlangsung sejak bulan Juli sampai Oktober. Acara ini membawa tema “Be Fantastic with Less plastic.”

FacebookTwitter
X