id
id

Mahasiswa FTUI Raih Juara di Kompetisi Jembatan Indonesia XVI 2021

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) XVI 2021 adalah kompetisi tahunan mahasiswa Teknik Sipil Indonesia yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada Kompetisi kali ini, FTUI berpartisipasi dengan dua tim yang mwakilkan, yakni Tim Kampioen Roeping dan Tim Kejora.

Pada KJI XVI 2021 terdapat 2 kategori yang diperlombakan, yaitu Kategori Model Jembatan Pelengkung dan Kategori Model Jembatan Rangka Baja. Kedua tim tersebut pun berpartisipasi dalam dua ketegori yang berbeda, Tim Kampioen Roeping berkompetisi dalam kategori Model Jembatan Pelengkung dan Tim Kejora dalam kategori jembatan model rangka baja.

Lomba yang diadakan pada Juni hingga November 2021 secara daring dan luring di Pontianak ini bertujuan untuk membangun kreativitas dan pengaplikasian teori yang didapatkan mahasiswa di perkuliahan untuk kemudian diterapkan untuk direalisasikan menjadi model jembatan yang nyata. Lomba ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, dimulai dari Pembuatan dan Pengumpulan Proposal, pengumuman finalis dan babak final berupa tahap presentasi dan  realisasi perakitan jembatannya.

Tim Kampioen Roeping terdiri dari Feby Lidya Simatupang (Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan 2019) dan Samsu Adi Nugroho (DepartemenTeknik Sipil dan Lingkungan 2019) bersama dosen pembimbing Mulia Orientilize, S.T., M.Eng merancang jembatan Jembatan Pelengkung bernama SAFE Brücke. Atas rancangan tersebut, Tim Kampioen Roeping berhasil meraih juara 3 dari 63 tim yang berkompetisi.

Sementara itu, Tim Kejora yang terdiri dari Fajar Nur Pangestu (DepartemenTeknik Sipil dan Lingkungan 2019) dan Kevin Muhammad Atilla A (DepartemenTeknik Sipil dan Lingkungan 2018) bersama Dr. -Ing. Josia Irwan Rastandi, S.T., M.T berhasil meraih juara kelima dari 89 tim yang berkompetisi.

 

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X