Menurunnya kualitas citra radiografi neutron disebabkan oleh partikel gamma dan netron terhambur sekunder yang menumbuk CCD kamera dan meninggalkan jejak berupa white spot noise (WSN) pada citra. Achmad Hindasyah mengembangkan suatu teknik baru untuk menghapus WSN tersebut pada citra dengan tanpa merusak detail citra.Teknik ini merupakan kombinasi Antara algoritma Global Threshold dengan algoritma Adaptive Switching Alternative Median (ASAM) filter. Proses menghapus WSN menggunakan teknik ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap deteksi intensitas, tahap deteksi posisi dan tahap denoising. Tahap deteksi intensitas menggunakan global threshold diperlukan, mengingat WSN pada citra radiografi memiliki intensitas random.

Tahap deteksi posisi noise diperlukan agar proses denoising hanya dikenakan pada piksel yang terkontaminasi noise, sedangkan piksel yang tidak terkontaminasi noise tetap dipertahankan. Pada tahap deteksi posisi dan denoising digunakan algoritma ASAM yang terdiri dari dua blok filtering yaitu blok filter utama dan blok filter sekunder. Pada kedua blok filter digunakan sliding window yang dapat berubah ukurannya sesuai dengan kerapatan noise.

Dr. Achmad Hindasyah berhasil mempertahankan disertasinya di bidang Ilmu Teknik Elektro yang berjudul “Pengembangan Algoritma Adaptive Switching Alternative Median Filter Untuk Menghapus High Density White Spot Noise Pada Citra Radiografi Neutron” dihadapan sidang akademik terbuka di Ruang Chevron FTUI pada hari Kamis, 20 Desember 2018. HUMAS FTUI

FacebookTwitter
X